sejarah komputer

Mengenal Sistem Operasi Windows PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Perangkat Lunak

Apakah Sistem Operasi Itu ? 

Image
Logo windows 95
Untuk menjalankan program-program dan aplikasi yang terdapat di komputer diperlukan satu sistem operasi. Apa sih sebetulnya sistem operasi itu ? Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software yang ada di komputer kamu, misalnya MS-OFFICE, Mungkin kamu sudah sering mendengar Sistem operasi yang ada saat ini. Coba sebutkan salah satunya ! Benar, ada yang namanya Sistem operasi Windows, UNIX/LINUX, DOS, OS/2. Tapi kali ini kita akan membahas satu sistem operasi saja yaitu sistem operasi Windows.

 

Macam-macam Sistem Operasi Windows

ImageSistem Operasi "Windows" dibuat oleh perusahaan Microsoft yang terletak di Amerika dan dipimpin oleh Bill Gates. Mengapa Sistem Operasinya dinamakan "Windows" ?. Mungkin karena yang pertama tampil di layar monitor ketika komputer dihidupkan adalah gambar seperti jendela-jendela kecil. Nah, sistem operasi windows ini mengalami beberapa perubahan-perubahan dan perbaikan. Dulu, akhir tahun 1980 (Awal tahun 1990 - 1994) terkenal sistem operasi Windows 3.0, Windows 3.1.1 dikenal dengan generasi Windows 3.X, kemudian mengalami perubahan-perubahan menjadi Windows 95 setelah itu Windows 98 (Windows 9.X), berubah lagi menjadi Windows 2000 dan saat ini Windows ME (Millenium Edition / Edisi Millenium) sedang banyak digunakan.

Windows ini merupakan seri up-grade (peningkatan kualitas) dari Windows 98. Dalam Windows ME telah dimasukkan software untuk memainkan musik digital dan video, pengaturan untuk jaringan di Imagerumah serta kemudahan memperbaiki dari adanya kemungkinan kerusakan sistem. Selain itu ada juga yang namanya "Windows NT", yaitu Sistem operasi yang dikhususkan untuk jaringan lokal.

Baru-baru ini Microsoft telah memperkenalkan dan meluncurkan produk MS Windows dan Office yang terbaru. Produk itu disebut Windows XP dan Office XP. XP kepanjangannya "experience". Untuk di sebuah komputer pribadi (PC) windows XP nantinya akan memberikan fasilitas video dan suara secara langsung. Canggih kan ? Makanya kita terus ikuti perkembangan Teknologi informasi yang ada saat ini, mungkin saja beberapa bulan lagi atau tahun depan akan muncul operating sistem yang lebih bagus dan canggih...

sumber: e-smartschool.co.id

 

Bill Gate si Raja Software

 

Kali ini kita akan membahas seorang yang sangat terkenal karena kepandaian dan kejeniusannya serta kekayaannya. Awalnya ia adalah seorang programmer komputer dan akhirnya saat ini menjadi seorang pimpinan perusahaan terkemuka. Sebagian besar produk perusahaannya digunakan di seluruh dunia. Ia adalah William Henry Gates. William Henry Gates III atau lebih terkenal dengan sebutan Bill Gates, lahir di Seatle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. Ayah Bill, Bill Gates Jr., bekerja di sebuah firma hukum sebagai seorang pengacara dan ibunya, Mary, adalah seorang mantan guru. Bill adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Sejak kecil Bill mempunyai hobi "hiking", bahkan hingga kini pun kegiatan ini masih sering dilakukannya bila ia sedang "berpikir".

Bill kecil mampu dengan mudah melewati masa sekolah dasar dengan nilai sangat memuaskan, terutama dalam pelajaran IPA dan Matematika. Mengetahui hal ini, orang tua Bill menyekolahkannya di sebuah sekolah swasta yang terkenal dengan pembinaan akademik yang baik, bernama "LAKESIDE". Pada saat itu , Lakeside baru saja membeli sebuah komputer, dan dalam waktu seminggu, Bill Gates, Paul Allen dan beberapa siswa lainnya (sebagian besar nantinya menjadi programmer pertama MICROSOFT) sudah menghabiskan semua jam pelajaran komputer untuk satu tahun.

Kemampuan komputer Bill Gates sudah diakui sejak dia masih bersekolah di Lakeside. Dimulai dengan meng"hack" komputer sekolah, mengubah jadwal, dan penempatan siswa. Tahun 1968, Bill Gates, Paul Allen, dan dua hackers lainnya disewa oleh Computer Center Corp. untuk menjadi tester sistem keamanan perusahaan tersebut. Sebagai balasan, mereka diberikan kebebasan untuk menggunakan komputer perusahaan. Menurut Bill saat itu lah mereka benar- benar dapat "memasuki" komputer. Dan disinilah mereka mulai mengembangkan kemampuan menuju pembentukan Microsoft, 7 tahun kemudian.

Selanjutnya kemampuan Bill Gates semakin terasah. Pembuatan program sistem pembayaran untuk Information Science Inc, merupakan bisnis pertamanya. Kemudian bersama Paul Ellen mendirikan perusahaan pertama mereka yang disebut Traf-O-Data. Mereka membuat sebuah komputer kecil yang mampu mengukur aliran lalu lintas. Pengalaman lainnya, ia bekerja sebagai debugger di perusahaan kontraktor pertahanan TRW, dan sebagai penanggungjawab komputerisasi jadwal sekolah.

Musim gugur 1973, Bill Gates berangkat menuju Harvard University dan terdaftar sebagai siswa fakultas hukum. Bill mampu dengan baik mengikuti kuliah, namun sama seperti ketika di SMA, perhatiannya segera beralih ke komputer. Selama di Harvard, hubungannya dengan Allen tetap dekat. Bill dikenal sebagai seorang jenius di Harvard. Bahkan salah seorang guru Bill mengatakan bahwa Bill adalah programmer yang luar biasa jenius, namun seorang manusia yang menyebalkan. Desember 1974, saat hendak mengunjungi Bill Gates, Paul Allen membaca artikel majalah Popular Electronics dengan judul "World's First Microcomputer Kit to Rival Commercial Models". Artikel ini memuat tentang komputer mikro pertama Altair 9090. Allen kemudian berdiskusi dengan Bill Gates. Mereka menyadari bahwa era "komputer rumah" akan segera hadir dan meledak, membuat keberadaan software untuk komputer-komputer tersebut sangat dibutuhkan. Dan ini merupakan kesempatan besar bagi mereka.

Kemudian dalam beberapa hari, Gates menghubungi perusahaan pembuat Altair, MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems). Dia mengatakan bahwa dia dan Allen, telah membuat BASIC yang dapat digunakan pada Altair. Tentu saja ini adalah bohong. Bahkan mereka sama sekali belum menulis satu baris kode pun. MITS, yang tidak mengetahui hal ini, sangat tertarik pada BASIC. Dalam waktu 8 minggu BASIC telah siap. Allen menuju MITS untuk mempresentasikan BASIC. Dan walaupun, ini adalah kali pertama bagi Allen dalam mengoperasikan Altair, ternyata BASIC dapat bekerja dengan sempurna. Setahun kemudian Bill Gates meninggalkan Harvard dan mendirikan Microsoft.

Saat ini Microsoft tumbuh menjadi salah satu pembuat dan pengembang software dan sistem operasi yang menguasai pangsa pasar software dunia. Windows 95, 98, ME, 2000, XP adalah contoh sistem operasi produksi Microsoft yang sebagian besar digunakan oleh pengguna komputer di dunia.

Sumber : IlmuKomputer.com

 

Linus Si Pencipta Linux

 

Linus Torvalds dilahirkan di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. Dalam usianya yang ke 10, Linus mulai berkecimpung di dalam pemograman komputer, dengan menggunakan komputer milik kakeknya, Commodore VIC-20. Komputing pun menjadi hobinya. Pada tahun 1988 Linus diterima menjadi mahasiswa di University of Helsinki, Finlandia. Pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus membeli PC pertamanya,dan dia tidak puas dengan sistem operasi pada komputernya. Saat itu, komputernya menggunakan MS-DOS (Disk Operation System, sistem operasi buatan Microsoft), tapi Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX, seperti yang digunakan pada komputer milik unversitasnya.

Akhirnya, dia memutuskan untuk menciptakan versi yang bisa digunakan unuk PC dari UNIX. Kerja keras selama berbulan-bulan menghasilkan cikal bakal dari sistem operasi yang dikenal sebagai Linux, yang kelak delapan tahun kemudian dikembangkan menjadi apa yang dikatakan oleh banyak pengamat sebagai ancaman bagi raksasa Microsoft yang sangat dikenal dengan sistem operasi Windowsnya.

Begitu Linus berhasil menciptakan versi kasar dari Linux, dia memposting pesan dalam internet untuk mengenalkan sistem barunya kepada pengguna PC yang lain. Linus membuat softwarenya dapat didownload secara percuma, dan, sebagaimana biasa dilakukan oleh sesama software developer pada saat itu, dia merilis source codenya, yang berarti bahwa semua orang yang memiliki pengetahuan tentang pemograman komputer dapat memodifikasi Linux untuk disesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing. Linux segera memiliki banyak pendukung yang antusias, karena mereka dapat memiliki akses ke source codenya, dan dapat menolong Linus untuk memperbaiki dan menyempurnakan software tersebut. Mengoperasikan Linux membutuhkan kecerdasan tehnik yang cukup, sebab mengoperasikannya tidak semudah menggunakan sistem operasi yang lebih populer, seperti Windows, Mac milik Apple Computer, atau OS/2 milik IBM. Namun, karena para volunteer developer memuji diri sendiri akan kualitas kerja kerasnya, Linux menjadi cukup dikenal dengan keungulan sebagai sistem yang efisien dan jarang sekali terjadi crash.

Linux mendapatkan kejayaannya pada akhir 1990-an ketika para kompetitor dari Microsoft mulai mengembangkan sistem operasi tersebut secara serius. Perusahan Netscape Communication, Corel, Oracle, Intel dan perusahaan-perusahaan lain mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mensuport Linux sebagai alternatif yang tidak mahal dari Windows. Saat skenario ini mulai terbentuk, pengemar Linux dan media menggambarkan Linus sebagai David yang maju melawan Raksasa, Bill Gates, salah satu pendiri dan pimpinan Microsoft.

Linus mengatakan dia tidak iri dengan kesuksesan keuangan dari Bill Gates, atau Microsoft. Pada tahun 1999, diperkirakan tujuh juta komputer beroperasi dengan menggunakan Linux, masih bisa didapatkan secara percuma,dan banyak perusahaan software besar mengumumkan berencana akan mendukungnya. Dalam waktu yang sama, Linus mengambil posisi di Transmeta Corp., yang dimiliki oleh salah satu pendiri Paul Allen, bekerja dalam sebuah proyek yang sangat rahasia, yang diasumsikan oleh banyak komunitas high-tech akan berkembang beberapa serangan di masa depan bagi kerajaan Microsoft.

Sumber : IlmuKomputer.com

 

Seri Pengenalan komputer I bersama Smarty      
Teknologi Informasi - Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer : Alat Serba Bisa

ImageKomputer itu apa sih? Kalian tahu nggak kalau menurut bahasa aslinya (bahasa Inggris) komputer berarti ‘tukang hitung”! Tidaksalah-salah amat sih kalau kalianmenyebut komputer sebagai ‘tukang hitung”. Pada awalnya memang komputerdiciptakan untuk menghitung. Lalu apa bedanya komputer dengan kalkulator. Kaliantahu juga ‘kan kalau kalkulator dipakai untuk menghitung juga. Bedanyaadalah komputer bisa diprogram untuk melakukan tugas-tugas lain, tidaksemata-mata hanya untuk menghitung. Tugas-tugas lain itu apa ? Tugas-tugas lainitu antara lain : mengolah data, menganalisa data, menyimpan data, mengirimkandatadan masih banyak lagi. Bingung ?

Supaya kamu nggak bingung,Smarty jelaskan beberapa istilah yang Imageperlu kalian ketahui. Istilah pertama adalah program. Program adalah susunan perintah yang kita berikan kepada komputer untuk melakukan sesuatu.Komputer itu pada dasarnya adalah sebuah mesin yang bodoh. Dia tidak akan melakukan apa-apa jika kita tidak memberi perintah. Tetapi komputer adalah mesin yang sangat taat pada perintah yang kita berikan. Komputer tidak dapat membedakan mana perintah yang benar dan mana perintah yang salah. Dia akan melakukan setiap perintah persis seperti yang kita perintahkan.

Jadi komputer berbeda dengan kalian. Kalian masih bisa berpikir untuk melakukan atau tidak melakukan sebuah perintah. Kalau kalian diperintahkan untuk mencuri, maka kalian masih bisa berpikir apakah perintah itu benar atau salah. Jika perintah itu adalah perintah yang salah pasti kalian tidak akan melaksanakannya. Tetapi komputer tidak bisa berpikir ! Dia tidak tahu mana perintah yang benar mana yang salah. Pokoknya dia hanya menerima perintah dan menjalankannya.

Kalian pasti berpikir, bagaimana sih caranya memerintah komputer ? Seperti yang Smarty jelaskan di atas,perintah-perintah untuk komputer disusun dalam sebuah program. Membuat program untuk komputer ternyata tidak gampang. Kalian harus memahami dulu bahasa komputer. Seperti kalu kalian mau memerintah orang Inggris, kalian harus tahu bahasa Inggris supaya orang tadi mengerti perintahnya. Atau kalau mau memerintah orang India, kalian harus tahu bahasa India. Nah, komputer punya bahasanya sendiri. Kalian harus belajar bahasa komputer supaya bisa membuat program. Orang yang pekerjaannya membuat program komputer disebut programmer. Jika sudah besar nanti kalian bisa juga jadi programmer. Gajinya lumayan lo !

Istilah kedua yang mau Smarty jelaskan adalah data. Singkatnya Imagedata itu adalah kumpulan informasi. Contohnya data pribadi Smarty :

Nama : Smarty
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : 1 Januari 2000
Alamat : Jl. Palmerah Barat 29-31 Jakarta

Kalian pasti punya data pribadi seperti di atas. Nah, kumpulan informasi/keterangan seperti itulah yang disebut data. Selain data pribadi masih banyak lagi jenis data lainnya. Komputer bisa kita perintahkan untuk mengolah data, menyimpan data, mengirim data, menganalisa data dan sebagainya. Karena kemampuannya itu, komputer bisa mengerjakan berbagai macam perkerjaan tidak seperti kalkulator yang hanya bisa menghitung..Contoh-contoh pekerjaan yang bisa dikerjakan komputer :

  • Membuat dokumen, menyimpannya dan mencetaknya
  • Membuat gambar
  • Menghitung berbagai macam perhitungan
  • Berkomunikasi melalui internet
  • dan masih banyak lagi

Komputer bisa juga dimanfaatkan sebagai alat untuk belajar seperti yang kalian lakukan sekarang. Dan asal tahu saja jaman sekarang komputer telah dipakai untuk banyak sekali hal. Komputer dipakai di sekolah, di kantor, di lapangan udara, di rumah sakit, pokoknya dimana-mana deh. Oleh karena itu kalian harus belajar komputer sejak masih kecil.

1.Apakah perbedaan komputer dan kalkulator ?

2.Apakah yang dimaksud dengan program ?

3.Apakah yang disebut data ? Berikanlah contohnya !

 

Manfaat dan Perkembangan Internet PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Sejarah Perkembangan Komputer

ImageInternet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Apa sebenarnya jaringan komputer itu ? Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.

Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.

Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).

Internet saat ini

ImageTahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.

Cara mengakses ke internet

Bila di rumah kita tidak mempunyai komputer yang terhubung dengan internet, kita bisa memanfaatkan warnet (warung internet) atau mungkin di laboratorium komputer sekolah yang sudah terhubung ke internet untuk mencari informasi. Untuk mencari informasi atau data kamu bisa klik/tekan shortcut/gambar Image jika kamu menggunakan browser Internet Explorer. Kemudian isi alamat situs yang dituju pada Address. Untuk mencari informasi secara cepat, gunakanlah situs pencari seperti : yahoo.com, google.com, e-smartschool.com atau yang lainnya. Setelah masuk ke situs pencari tersebut, masukkan keyword (kata kunci) yang dicari, seperti contoh di bawah ini :

Mencari artikel pada situs e-smartschool.com
Image

 

Mencari website pada situs Google.com
Image

Menjelajah Internet Dengan Chrome PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Perangkat Lunak

Goggle ChromePilihan untuk menggunakan software web browser semakin bertambah. Google Inc yang terletak di Amerika telah memperkenalkan sebuah web browser baru yang didesain cantik dan lebih cepat menangani video atau program web lainnya, text, dan graphic. Google mengkonfirmasikan software web browsing ini dengan nama Google Chrome, dalam blog pengamat Google, yang disebut Blogoscoped.com.

Google menyatakan bahwa pergerakan browser baru ini akan memperkenalkan versi trial-nya ke public, khususnya untuk pengguna Microsoft Corp. Windows, agar beralih menggunakan Chrome. Google, pemimpin search engine dunia juga bekerja dalam web browser untuk pengguna versi Apple Macintosh dan juga untuk Linux.

Peluncuran Chrome ini merupakan perkenalan baru untuk menjadi pesaing Internet Explorer 8 (IE8), yang telah diluncurkan bulan lalu. IE telah memegang tampuk pimpinan selama tiga kuarter dari pasar browser, yang dibawahnya diikuti oleh Mozilla Firefox, dan Apple Safari. Google mengungkapkan, engineer yang menangani Chrome diambil dari project open source lainnya, termasuk project Apple WebKit dan broser open source Mozilla Firefox. Google berniat untuk membuat source code Chrome lebih terbuka kepada pengembang lainnya untuk dikembangkan lebih lanjut. span>

Menurut Google, Chrome dijanjikan dapat membuka halaman web lebih cepat dan lebih aman, juga untuk loading kode JavaScript atau yang dikenal V8. “Yang kita butuhkan di sini adalah bukan hanya sekedar browser, namun juga platform modern untuk halaman web dan aplikasi.”, kata VP dari managemen produk Google, Sindar Pichai dan Linus Upson, Engineering Director Google. Google menambahkan, Chrome merupakan web browser untuk menampilkan content yang dinamis dan interaktif di web seperti ketika orang menggunakan televisi, radio, dan koran.

Sumber: beritanet.com

 

SUMBER:e-smaratschool.co.id

 

 

Mengenal Buku Elektronik (E-book) PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Perangkat Lunak

Adik-adik pernah mendengar e-book atau buku elektronik ? Kalau belum, berikut ini sedikit penjelasan tentang e-book. Kata "E-book" berasal dari bahasa Inggris, singkatan dari electronic book, dalam bahasa Indonesia artinya adalah buku elektronik. Buku elektronik bukanlah buku yang mempelajari tentang elektronik, melainkan berupa data-data atau informasi yang tampilannya dibuat seperti buku kemudian direkam secara elektronik agar dapat dijalankan di komputer.

Apa perbedaan e-book dengan buku biasa ?

ImageBuku-buku yang kita pakai saat ini menggunakan kertas sebagai bahan bakunya sedangkan e-book ditampilkan dengan menggunakan monitor atau layar komputer. Selain itu, buku-buku yang saat ini kita gunakan merupakan warisan teknologi cetak Guttenberg. Buku seperti ini memiliki beberapa kekurangan, di antaranya jika semakin banyak halamannya, maka akan semakin tebal pula buku yang kita miliki dan kadang ukurannya pun menjadi lebih besar, sehingga tidak praktis untuk dibawa ke mana-mana. Selain itu, biaya mencetak buku pun biasanya tidak murah. Sedangkan pada e-book, data atau informasi yang ada bisa disimpan dalam disket atau alat penyimpan lainnya dan dapat dibuka dikomputer mana saja. Lebih praktis bukan?

Isi buku elektronik

ImageSebenarnya, isi buku elektronik sama saja dengan isi buku biasa. Ada cerita, pelajaran, berita, gambar dan sebagainya. Isi buku elektronik direkam secara elektronis sebagai data dan disimpan di dalam komputer. Penerbit buku akan mengiklankan buku yang baru terbit dengan cara mengiklankannya di internet. Jika kita tertarik, kita bisa langsung memesannya melalui internet dan membayarnya secara online. Biasanya bukti transfer harus dikirimkan atau di fax ke alamat penerbit. Setelah membayar, baru kita dapat mengambilnya (mendownload) dari internet. Nah, setelah proses download selesai, e-book tersebut akan tersimpan dalam komputer kita dan bisa kita baca kapan pun kita mau.

Kekurangan e-book

Segala sesuatu yang memiliki kelebihan pasti mempunyai kekurangan juga, walaupun hanya sedikit. Demikian juga dengan e-book. Membaca buku di komputer bisa membuat mata kita cepat lelah dan posisi duduk pun tidak bisa santai. Karena itu, lama-kelamaan orang memikirkan cara yang lebih praktis. Kemudian para ahli akhirnya membuat alat yang dinamakan PDA (Personal Data Assistant), dalam bahasa Indonesianya berarti Asisten Digital Pribadi atau lazim disebut applet.

ImagePDA atau applet sebenarnya adalah komputer yang berukuran jauh lebih kecil dari komputer biasa dan kemampuannya pun terbatas. Gunanya memang hanya untuk membaca e-book. Ukuran applet mirip majalah dan bentuknya ramping, sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Applet dapat dihubungkan ke internet. Gunanya adalah untuk memudahkan mengambil (mendownload) e-book. Huruf-huruf/tulisan pada applet bisa diperbesar ataupun diperkecil.

Sayangnya, saat ini e-book belum banyak digunakan orang karena belum tersedianya alat baca (applet) yang benar-benar nyaman dan murah. Tetapi para ahli masih terus mengembangkan applet ini, sehingga nantinya diharapkan e-book dapat digunakan oleh anak-anak untuk membaca tanpa perlu repot membawa buku yang banyak dan tebal.

http://e-smartschool.co.id/www.elexmedia.co.id"

Sumber : Majalah Mickey Mouse (Elex Media Komputindo)

 

Charles Babbage,bapak komputer

Charles Babbage ( 1791-1871)-(5) PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Sejarah Perkembangan Komputer

Konsep yang dipergunakan di dalam komputer tujuan umum sekarang ini diperkenalkan lebih dari seabad yang lalu oleh Charles Babbage, seorang pengkhayal dan guru besar di Universitas Cambridge yang berkebangsaan Inggris.

ImageCharles Babbage (lahir 26 Desember 1791-wafat 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun) adalah seorang matematikawandari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang di kembangkannya -- namun tidak selesai -- kini dapat dilihat di Musium Sains London dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat di implementasikan

Lady Ada Lovelace (1843)Lady Ada Lovelace menyarankan agar kartu-kartu berlubang dibuat dan dipergunakan untuk mengoperasikan mesin hitung buatan Babbage sehingga dapat mengulang pengoperasian tertentu. Karena sarananya ini, beberapa orang menyebut Lady Lovelace sebagai pemrogram pertama.

 

 

Mengenal William Hewlett

 

Kalau kita mendengar kata `Hewlett` mungkin pikiran kita akan langsung terbayang sebuah merek printer terkenal yaitu Hewlett-Packard (HP). Tidak salah sih, memang salah seorang pendiri perusahaan Hewlett Packard adalah William R. Hewlett. Hewlett lahir pada tanggal 20 Mei 1913 di Ann Arbor, Mich. Pada tahun 1939, Hewlett mendirikan perusahaan Hewlett-Packard (HP) bersama dengan David Packard yang meninggal pada tahun 1996.

Perusahaan ini didirikan hanya dengan modal awal $ 538. Nama Hewlett-Packard tentu saja diambil dari nama mereka masing-masing. Di Hewlett-Packard Company, Hewlett pernah memegang berbagai jabatan penting. Namun sejak tahun 1978, Hewlett berhenti dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer.

Semasa menjadi mahasiswa, Hewlett menerima beberapa gelar dari berbagai universitas. Pada tahun 1934, Hewlett mendapat gelar B.A (Bachelor of Arts) nya dari Stanford University. Gelar masternya dalam bidang Electrical Engineering, ia dapat dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1936. Dan 3 tahun kemudian, Hewlett menerima gelar insinyur dari Stanford University. Perlu diketahui juga bahwa Hewlett adalah orang yang menerima 13 Honorary Degrees dari berbagai universitas.

Sewaktu belajar di Stanford University, dia bertemu dengan David Packard yang akhirnya menjadi sahabat baik Hewlett. Perjalanan karir Hewlett bisa dibilang menarik. Selama perang dunia ke-2, Hewlett pernah bekerja di Angkatan Perang Amerika. Selama masa tugasnya di Angkatan Perang Amerika, Hewlett termasuk kedalam sebuah tim yang bertugas menginspeksi industri jepang ketika perang dunia ke-2 berakhir. Tahun 1947, Setelah kembali dari tugasnya itu, Hewlett pergi ke Palo Ato.

Ia mulai bekerja di perusahaan yang dia dirikan bersama David Packard itu, dan menjabat sebagai wakil presiden di Hewlett-Packard.company. Tahun 1957, menjabat Executive Vice President. 7 tahun kemudian, Hewlett menjabat sebagai President of HP. Pada tahun 1969, ia menjabat Chief Executive Officer. Hewlett memegang jabatan ini selama 9 tahun. Tahun 1978, dia berhenti dari jabatannya itu.

Hewlett adalah salah seorang yang mengabdikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, pada tahun 1985, Presiden Amerika Ronald Reagan memberikan penghargaan National Medal of Science kepada William R. Hewlett atas jasa-jasanya dalam mengembangkan IPTEK. Penghargaan yang Hewlett terima adalah penghargaan science tertinggi di Amerika. Hewlett juga adalah orang yang mempunyai perhatian besar terhadap masalah-masalah pendidikan, kesehatan dan sosial. Dia telah banyak bekerja di berbagai instansi-instansi, seperti di Stanford Medical Center, Kaiser Foundation Hospital, The Carnegie Institution of Washington dan Drug Abuse Council yang berada di Washington.

William R. Hewlett meninggal pada 12 januari 2001, saat berusia 87 tahun. Namun, nama Hewlett akan tetap selalu dikenang oleh banyak orang karena perusahaan yang dia dirikan bersama David Packard, merupakan salah satu perusahaan terbaik di dunia yang bergerak dalam bidang IT (Information Technology). Hewlett-Packard produktif menciptakan berbagai alat seperti PDA (Personal Digital Assistant), printer, komputer dan lainnya. Kini, barang-barang produksi Hewlett-Packard banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Sumber : ilmukomputer.com

 

 

Thomas J. Watson PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Sejarah Perkembangan Komputer

ImageThomas J. Watson adalah seorang pelopor dalam pengembangan peralatan akuntansi dan komputasi yang saat ini digunakan dalam dunia bisnis, pemerintahan, industri dan ilmu pengetahuan. Beliau membangun industri yang mendunia selama bekerja di IBM dalam waktu 42 tahun.

Beliau dilahirkan di Campbell, New York, pada tanggal 17 Februari 1874. Pekerjaan yang pertama beliau lakukan adalah menjadi pemegang buku di New York, saat berusia 18 tahun. Saat itu beliau mendapat penghasilan $6 seminggu. Kelak, dia menjual mesin jahit dan alat musik di desa yang sama, sebelum kemudian bergabung dalam National Cash Register Company sebagai seorang salesman untuk Buffalo. Beliau meniti karirnya hingga menjadi general sales manager.

Untuk menanggulangi kelemahan para sales NCR, Watson memperkenalkan motto "THINK" (berpikir), yang kelak kemudian dikenal luas sebagai simbol dari IBM. Beliau berkata kepada para salesman, "'I didn't think' telah menelan biaya jutaan dolar bagi dunia". Dalam waktu singkat, plakat berbingkai bertulisan kata tunggal, "THINK", muncul di seluruh kantor dalam perusahaan tersebut. Kelak, di IBM, beliau kembali memperkenalkan motto yang sama. Watson bergabung dengan IBM, kemudian dikenal sebagai Computing-Tabulating-Recording Co., sebagai General Manager pada tahun 1914. Tahun selanjutnya, beliau menjadi president perusahaan. Selama hari-hari awal kepemimpinannya, Watson menitikberatkan pada pendidikan, riset dan teknik untuk menjaga pertumbuhan perusahaan. Beliau percaya bahwa tiga faktor ini dibutuhkan untuk meningkatkan dan mengembangkan peralatan bisnis.

ImageWatson dikenal sebagai salah seorang dari pemimpin perusahaan yang pertama kali menawarkan keuntungan yang luas bagi para pekerjanya, termasuk biaya kesehatan, asuransi dan dana pensiun. Beliau menekankan bahwa keuntungan bagi para pekerja bukanlah untuk mendorong agar seseorang bekerja lebih keras. Dalam banyak kesempatan beliau mengutarakan bahwa para pekerja IBM yang pekerjaan baiknya telah selesai, telah menerima keuntungan-keuntungan ini.

Dalam hidupnya, Watson menjaga perhatian yang dalam, dalam hubungan internasional. Beliau menyambut para raja, presiden, perdana menteri dan duta besar ketika mereka mengunjungi New York. Presiden Franklin D. Roosevelt pernah mengutarakan, "Saya mengurus mereka di Washington. Saya telah belajar untuk berbagi kepercayaan dengan Tom Watson untuk mengurus mereka di New York."

Watson mengadopsi slogan IBM, "world peace through world trade" (perdamaian dunia melalui perdagangan dunia), dan membuatnya dikenal secara internasional. Beliau menyarankan bahwa "perubahan tidak hanya pada barang dan jasa, tetapi juga pada manusia dan metode, ide dan idealisme." Beliau bekerja erat dengan International Chamber of Commerce dan pada tahun 1937 terpilih menjadi presidennya. Selama bertahun-tahun Watson menjadi pengawas di Colombia University dan Lafayette College. Beliau mendapat gelar kehormatan dari 27 college dan universitas di Amerika, dan 4 universitas asing.

Beliau menikah dengan Jeannette M. Kittredge, putri dari seorang industrialis di Ohio, pada 17 April 1913. Nyonya Watson telah berkeliling bersama suaminya dan menjadi direktur IBM pada tahun 1956, dan sebelumnya menjadi direktur IBM World Trade Corp. Nyonya Watson meninggal di New York pada tanggal 10 Februari 1966, dalam usia 82 tahun.

Sebulan sebelum meninggal pada 19 Juni 1956, Watson menyerahkan kendali perusahaan kepada putra tertuanya, Thomas J. Watson Jr. Putranya yang lain, Arthur K. Watson, menjabat sebagai presiden IBM World Trade Corp. Perusahaan itu telah beroperasi secara internasional. Watson juga memiliki 2 putri, Jane dan Helen.

Sumber : ilmukomputer.com

sumber: e-smartschoo.co.id

 

Mengenal Bluetooth PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Perangkat Keras

Logo BluetoothTeman-teman ada yang tahu istilah 'bluetooth' ? Bluetooth di sini artinya bukan gigi biru lho… tapi bluetooth adalah salah satu teknologi komunikasi data yang biasanya ditemui pada telepon seluler / handphone. Selain pada handphone, teknologi bluetooth dapat digunakan pada komputer juga lho.

Fungsi dari bluetooth diantaranya adalah untuk mentransfer data atau file dari handphone ke handphone lain atau bisa juga dari handphone ke komputer atau sebaliknya. Tapi ada syaratnya lho… jika ingin mengirim data/file dari handphone ke handphone maka kedua handphone tersebut memang memiliki fasilitas bluetooth.

Demikian juga jika ingin mengirim data dari handphone ke komputer, maka harus dipastikan komputer kita sudah terpasang USB bluetooth. Gambar di atas kiri adalah logo/symbol dari bluetooth. Jika di sebuah handphone terdapat logo itu berarti handphone tersebut sudah dapat menggunakan teknologi bluetooth.

Nama 'Bluetooth' sendiri berawal dari sebuah proyek yang dipromotori oleh perusahaan-perusahaan raksasa internasional yang bergerak di bidang telekomunikasi dan komputer, di antaranya Ericsson, IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba. Proyek ini berawal tahun 1998 dengan kode nama bluetooth, karena terinspirasi oleh seorang raja Viking (Denmark) yang bernama Harald Blatand. Raja Harald Blatand ini berkuasa pada abad ke-10 dengan menguasai sebagian besar daerah Denmark dan daerah Skandinavia pada masa itu.

Kita lanjutkan lagi, pada bulan Mei 1998, 5 perusahaan promotor yaitu Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) dan memulai untuk membuat spesifikasi yang mereka namai 'bluetooth'. Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola. Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang antara lain di bidang semiconductor manufacture, PC manufacture, mobile network carrier, perusahaan-perusahaan automobile dan air lines bergambung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth. Perusahaan-perusahaan terkemuka tersebut antara lain seperti Compaq, Xircom, Phillips, Texas instruments, Sony, BMW, Puma, NEC, Casio, Boeing, dsb.

Layanan Bluetooth

Fungsi Bluetooth Sebuah perangkat yang memiliki teknologi wireless bluetooth akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan sampai dengan 10 meter (~30 feet). Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegerasikan dengan teknologi bluetooth antara lain : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, router dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch ( notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya.

USB Bluetooth

USB BluetoothPerangkat USB bluetooth saat ini sudah mudah dibeli di toko-toko yang menjual perlengkapan komputer. Alat/hardware ini berfungsi untuk mentransfer data/file. Bentuk USB bluetooth hampir sama dengan USB flash disk yang membedakannya hanya fungsi dan penggunannya. Cara menggunakannya mudah kok. Tinggal masukkan usb bluetooth pada port usb. USB Bluetooth akan langsung dikenali oleh komputer jika sistem operasi komputer yang kita gunakan adalah Windows XP, karena windows XP sudah menyediakan layanan untuk transfer data/file. Jika komputer kita menggunakan windows 98 sebagai sistem operasinya maka kita harus menginstall terlebih dahulu driver usb bluetooth tersebut.

Dari penjelasan singkat di atas, terlihat bahwa bluetooth mampu menawarkan solusi yang cukup efektif dan efisien di dalam memberikan layanan kepada user untuk melakukan transfer data dengan kecepatan kurang dari 1 Mbit/s dan jangkauan yang relatif pendek. Teknologi bluetooth masih memungkinkan untuk terus berkembang menuju kematangan baik dari sisi standarisasi maupun aplikasi yang dapat diterapkan.

Dengan pertimbangan bahwa bluetooth mampu menyediakan berbagai macam aplikasi dan layanan dan dengan biaya yang relatif murah, mudah dalam pengoperasian, interoperability yang menjanjikan serta didukung oleh berbagai vendor besar di bidang telekomunikasi maupun komputer, dan lebih dari 1800 perusahaan telah bergabung sebagai adopter teknologi ini, maka tidak mustahil teknologi bluetooth suatu saat akan menjadi salah satu primadona untuk digunakan baik untuk keperluan rumah tangga atau perkantoran/bisnis.

Sumber : elektroindonesia.com

Daftar Istilah

  1. Port = tempat untuk memasukkan kabel / peripheral lainnya ke komputer kita
  2. Wireless = perangkat tanpa kabel
  3. USB = Universal Serial Bus

sumber: e-smartschool.co.id

Cara kerja Scanner PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Perangkat Keras

Apakah Scanner itu ?

ImageScanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.

 Image   Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

   Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi.

   Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

Cara kerja Scanner : Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :

  • Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
  • Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
  • Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
  • Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
  • Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.

Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :

  • Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.
  • Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru.

Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Nah, bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.

sumber: E-SMARTSCHOOL.CO.ID

 

Mengenal Barcode Scanner

 

Barcode scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk consumer good. Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama, akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang.

Tanpa barcode, dahulu kasir memasukkan penjualan di komputer dengan bantuan nama barang atau kode barang. Nama barang memang dirasa lebih memperkecil kemungkinan kesalahan. Namun kerugiannya, waktu entry akan sangat lama karena kasir akan menngetikkan lebih banyak karakter.

Kemudian digunakan sistem pengkodean, dimana setiap barang dikodekan dalam sejumlah digit angka. Misalnya produk A mempunyai kode 00001, produk B mempunyai kode 00002, dan seterusnya. Hal ini mempercepat waktu pelayanan dibandingkan menggunakan nama barang. Kerugiannya adalah kesalahan 1 digit saja, akan menyebabkan kesalahan data. Sebagai contoh, kasir melakukan penjualan barang A. Saat memasukkan di komputer, seharusnya kasir memasukkan kode 00001. Namun karena suatu kelalaian yang dia masukkan adalah 00002. Bisa dibayangkan terjadi kesalahan yang menyebabkan :

  1. Pembeli dirugikan jika ternyata harga produk A sebenarnya lebih murah daripada produk B. Atau bisa-bisa perusahaan yang dirugikan jika terjadi sebaliknya.
  2. Stok menjadi salah. Secara komputer, baik produk A maupun produk B akan mengalami selisih antara stok di komputer dan stok fisik.

Akhirnya ditemukan barcode. Barcode lebih efektif digunakan, karena kebanyakan produsen telah meletakkan kode barcode dalam produk yang mereka produksi. Kode barcode sebenarnya juga adalah sederetan angka, namun direpresentasikan dalam bentuk garis-garis melintang. (Jika kode barcode masih berupa angka, berarti setiap kali terjadi penjualan, kasir tetap harus memasukkan kombinasi angka-angka tersebut).

Namun karena kode angka barcode telah direpresentasikan dalam bentuk garis-garis hitam, maka dapat diciptakan sebuah alat yang mampu menterjemahkan kode-kode berbentuk garis tadi menjadi kode berbentuk angka. Nomor barcode pun secara teori tidak mungkin kembar. Hal ini karena sebelum produsen/pabrik dapat meletakkan sebuah barcode pada produknya, dia harus mendaftarkan kode angka dan barcode ke sebuah lembaga internasional.

Di Indonesia, untuk mendaftarkan barcode wajib melalui departemen perindustrian, kemudian mendaftarkannya kepada lembaga internasional. Kode ini bersifat unik di seluruh dunia, karena juga mengandung kode negara. Misalnya untuk jenis barcode EAN, Indonesia mempunyai kode awalan 888 dan 899. Jadi dapat dipastikan jika kamu melihat barang dengan kode barcode awal adalah 899, maka produk tersebut diproduksi di Indonesia.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry

 

Membuat Mailing List

 

Pernahkah kamu ikut sebuah mailing list (milis) di internet ? Sebenarnya apa sih arti dan fungsinya ? Mengapa sekarang sering digunakan orang ya? Mau tau jawabannya...? Mailing List atau sering disebut dengan Milis, merupakan daftar orang-orang yang bergabung didalam suatu komunitas tertentu yang secara periodik dikirimi surat elektronik (email).

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial dan selalu memiliki kecenderungan untuk membentuk komunitas. Dalam berhubungan dengan komunitasnya (misalnya dengan saudara-saudara dalam suatu keluarga besar yang tersebar diberbagai daerah atau dengan eks teman-teman sekolah yang telah tersebar kepelosok bumi ini), tentu akan sangat amat sulit sekali apabila harus mengumpulkan semua.

Untuk itu memanfaatkan teknologi mailing list adalah jalan yang dapat memperlancar komunikasi (tentu milis bukan satu-satunya yang dapat dijadikan sarana komunikasi tersebut, masih ada Web Forum, Chat room dan lain-lain dengan segala kelebihan dan kekurangannya) Singkatnya, dengan berkomunikasi memanfaatkan teknologi milis, seluruh anggota milis dapat menerima email yang dikirim oleh salah satu anggota tanpa perlu mengirim satu persatu ke masing-masing anggota (bayangkan bila anggota milis suatu alumni sekolah mencapai ratusan dan harus mengirim satu per satu)

Ada 2 cara Membuat Mailing List :

 

  1. Membangun sendiri server mailing list atau yang sering disebut Listserver
  2. Menggunakan Listserver yang ditawarkan oleh beberapa hosting milis, dapat digunakan tanpa mengeluarkan biaya apapun alias gratiiiss seperti Yahoo! Group atau Google Group

Membuat milis

 

Cara Membuat Mailing List di Yahoo!Group dan Google Group

 

  1. Pertama, kamu harus mempunyai akun (account) email Yahoo! ID (Yahoo! ID bersifat umum untuk mengakses fasilitas Yahoo. Atau membuat account GMail.

     

  2. Untuk membuat Mailing List pada kedua group hampir sama, selanjut ikuti penjelasan dibawah pada Yahoo! Group saja ->Lakukan login dengan Yahoo! ID, klik create a group yang akan kita buat atau langsung klik start your group ->

     

  3. Lakukan 3 tahapan yaitu -> memilih Categori (isi kolom atau ada pilihan,setelah itu, klik Place my group in ….) continue -> Describe Your Group -> isi nama group -> buat alamat email group (yang akan digunakan sebagai alamat milis) -> isi discription (misal Ikatan Alumni atau Perkumpulan mancing dll) -> klik Continue

     

  4. Create Profile bila anda inginkan -> isi word verification -> klik Continue

     

  5. Selesai ! Anda telah memiliki Mailing List pada Yahoo! Group.

Selanjutnya yang perlu dilakukan untuk pengaturan lain dan ini hanya berupa pertanyaan2 yang dapat kita isi dengan sangat mudah seperti :

 

  1. Siapa saja yang kita inginkan bergabung dalam milis
  2. Apakah untuk bergabung harus dengan persetujuan terlebih dahulu dari moderator
  3. Siapa saja yang boleh posting ke group
  4. Siapa yang boleh mengundang menjadi anggota
  5. Siapa yang dapat mengedit halaman milis
  6. Apakah setiap anggota dapat menerima email setiap posting dari anggota dll
  7. Dan lain-lain, lakukan langkah-langkah tersebut dengan perlahan-lahan, sangat mudah sekali

Setelah selesai, undang teman dengan mengisi account email yang ingin di undang. Selamat mencoba !!

 

Malware: Apa Itu dan Cara Menanganinya

 

Kita mengenal virus sebagai ancaman terhadap komputer kita, namun sesungguhnya virus hanyalah salah satu bentuk dari apa yang disebut malware. Malware, secara umum, adalah program yang bersifat merusak komputer. Malware dibagi atas: virus, worm, trojan horse, spyware, backdoor, dan dialer/downloader.

 

  1. VIRUS, adalah program yang merusak komputer dan sanggup menularkan dirinya

     

  2. WORM, adalah program yang bisa memperbanyak dirinya sendiri hingga membebani memory

     

  3. TROJAN HORSE adalah program yang merusak komputer secara diam-diam

     

  4. SPYWARE adalah program yang diam-diam mengirimkan data dari komputer ke internet

     

  5. BACKDOOR , adalah program yang membuat celah di komputer untuk dimasuki dari luar

     

  6. DIALER/DOWNLOADER, adalah program yang diam-diam membebani jaringan dengan terus-menerus melakukan dialling (dialer) atau download file-file besar dari internet

Untuk mengatasi malware, kita mengenal program antivirus, antispyware, dan paket (security suite). Program antivirus ada yang gratis dan ada yang membayar (komersial). Umumnya, program berbayar lebih bagus, dengan konsekuensi harga yang harus dibayar untuk lisensi.

Antivirus Gratis

 

  1. AVG Antivirus Free Edition (http://free.grisoft.com), buatan Grisoft, Inc. menyediakan fungsi antivirus scanner (on-demand) dan protector (on-access). Dapat diupdate secara online atau offline. Cukup populer di Indonesia.

     

  2. Avira AntiVir Classic Personal Edition (http://www.free-av.com), buatan Avira, menyediakan fungsi antivirus scanner (on-demand) dan protector (on-access). Agak sulit diupdate secara offline. Menampilkan iklan saat melakukan update. Dalam beberapa uji coba lebih baik dibandingkan AVG.

     

  3. Avast! Home Edition (http://www.avast.com), buatan Alwil Software, buatan Grisoft, Inc. menyediakan fungsi antivirus scanner (on-demand) dan protector (on-access). Memerlukan license key yang didapatkan secara gratis dengan mendaftar di situs avast (berlaku satu tahun dan dapat diperpanjang). Dapat diupdate secara online atau offline. Kemampuannya setara dengan AVG.

     

  4. BitDefender Free (http://www.bitdefender.com), buatan BitDefender, hanya menyediakan scanner tanpa real-time protection. Kemampuannya terbaik di antara antivirus gratis.

     

  5. ClamAV (http://www.clamwin.net),
    bersifat open source. hanya menyediakan scanner tanpa real-time protection. Bisa digabungkan dengan antivirus lain (PCMAV). Sayangnya, kemampuannya jauh di bawah antivirus gratis lain.

     

  6. PCMedia Antivirus (PCMAV; http://www.virusindonesia.com), buatan PC Media, dirilis setiap majalah PC Media terbit. Cukup bagus mengatasi virus lokal, sayang startupnya lama sekali (di laptop Penulis memakan waktu 2 menitan).

     

  7. Antivirus lokal lain seperti: Ansav, smadav, CompactByte Catatan: AVG, Avira, Avast, dan BitDefender juga menyediakan versi berbayar

Antivirus Berbayar

 

  1. Kaspersky Antivirus (http://www.kaspersky.com), dikenal handal dan daya deteksinya tinggi. Di lain pihak, dikenal sebagai pelahap resource sistem paling rakus.

     

  2. NOD32 (http://www.eset.com), sedikit di bawah Kaspersky dengan resource yang lebih hemat. Untuk update(hanya online) dibutuhkan password.

     

  3. Norton Antivirus (http://www.symantec.com)

     

  4. McAfee Antivirus (http://www.mcafee.com)

     

  5. Antivirus lain: F-Secure, F-Prot, Panda, Norman, Sophos, PC Cilin

 

Mengenali Komputer Bervirus dan penanggulangannya

 

Virus komputer secara garis besar ada dua yang merusak dan tidak merusak. Dalam hal ini yang disebut merusak contohnya adalah merubah konfigurasi sistem dan menghilangkan file-file dengan tipe khusus.Tapi secara umum, virus komputer akan membuat kita sibuk berhari-hari. Pernahkah komputer kamu terinfeksi virus ? Bagaimana kita mengetahui ada atau tidak virus pada komputer kita ? Berikut adalah beberapa gejala komputer yang terinfeksi virus :

 

  1. Komputer berjalan lambat, mulai dari menghidupkan ataupun ketika membuka program aplikasi.
  2. Komputer tiba-tiba diam dan tidak ada respon.
  3. Blue screen atau crash dan kemudian restart.
  4. CDROM, Harddisk, Floopy dan USB drive tidak bisa diakses
  5. Tampilan user interface berubah
  6. Alat input seperti keyboard atau mouse tidak bisa di kontrol

Jadi apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah virus jika terlanjut terinfeksi ? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan. Tetapi jika kamu belum menguasai tentang komputer sebaiknya meminta bantuan kepada ahlinya...

 

  1. Keluar dari aplikasi yang sedang berjalan dan segera matikan komputernya.
  2. Cabut harddisk yang telah terinfeksi, lakukan prosedur backup data yang penting terdahulu.
  3. Pindahkan posisi jumper harddisk menjadi slave, kemudian pasang di komputer lainya yang telah terinstall anvirus yang up-to-date.
  4. Scan harddisk yang terinfeksi virus
  5. Harddisk yang telah di bersihkan dari virus, di test apakah telah berfungsi dengan benar
  6. Jika langkah ke 5 gagal, disarankan menformat dan menginstall kembali sistem operasinya karena itu cara yang paling aman dari penghapusan virus secara permanen.

 

Mengenal Spyware

 

Definisi Spyware

Teman-teman pernah mendengar kata ‘spyware’ ? Ketika browsing internet tiba-tiba muncul pop-up windows, seperti iklan. Nah, itu adalah salah satu spyware. Definisi umum spyware adalah program kecil yang bekerja secara otomatis pada saat kita browsing internet atau memata-matai kegiatan online kita lalu mengirimkan hasil pantauannya ke host server spyware tersebut. Jenis spyware sangat banyak, ada yang hanya bertugas merotasi tampilan iklan pada software, ada yang menyadap informasi konfigurasi komputer kita, ada yang menyadap kebiasaan online kita, dan sebagainya.

Darimana mereka datang ke komputer kita. Banyak cara yang dilakukan oleh mereka, Diantaranya melalui software gratisan (Freeware dan Shareware), juga dari situs internet yg kita kunjungi dimana secara diam-diam mereka menginstallkan dirinya sendiri ke komputer kita.

Kenapa mereka bisa mengganggu kinerja komputer kita? Tentu saja karena mereka bekerja terus menerus (terutama saat kita online atau ketika menggunakan browser) dan beberapa malah mengubah/mengganti file-file system windows yg asli dengan file-file mereka. Tentu ini menambah beban kerja windows yang normal.

Tips Mengatasi Spyware

Sebelumnya banyak sekali anti-spyware yang bisa di-download gratis seperti Spybot. Namun saat ini, sudah banyak sekali yang berupa versi komersial alias mesti bayar lisensi nya. Memang masih terdapat beberapa yang gratisan namun database spyware mereka tidak sekomplit yang komersil. Kenapa ? Karena otomatis tim anti-spyware yang komersial mendapatkan dana dari lisensi yang mereka jual sedangkan yang freeware alias gratisan mendapatkan dana biasanya hanya dari sumbangan.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk mencegah spyware :

 

  1. Hati-hati dalam melakukan browsing ke situs-situs yang ‘tidak jelas’ di Internet. Biasanya terutama situs-situs underground, situs-situs hacking dan situs-situs crack.
  2. Khusus untuk program freeware atau gratisan, sebelum digunakan, lihat informasi di bagian review pengguna, apakah ada yang komplain mengenai spyware di dalamnya. Karena umumnya spyware ada di program yang freeware.
  3. Usahakan tidak menggunakan program-program seperti P2P sharing dan Download Accelerator contohnya Kazaa, download plus dan sebagainya.
  4. Lakukan Windows update secara rutin. Spyware selama ini memang menargetkan windows sebagai platform utama sebagai sasarannya. Terbukti banyak sekali BHO – browser helper object yang dibuat untuk running atau attach ke MSIE (Microsoft Internet Explorer). Meskipun tidak menjamin bahwa IE nya akan kebal terhadap spyware tapi setidaknya mengurangi lubang-lubang security yang bisa digunakan sebagai pintu masuk bagi spyware.
  5. Pada saat download program di Internet, kalau bisa baca dulu EULA nya (End-User License Agreement) karena biasanya di dalam klausalnya sengaja dibuat serumit dan sepanjang mungkin yang mungkin didalamnya ada klausal untuk instalasi spyware. Ada program yang EULA sebanyak 131 halaman, siapa yang mau baca ? tapi itu memang sengaja dibuat seperti itu sehingga apabila terjadi tuntutan hukum di kemudian hari mereka punya bukti.
  6. Install anti-spyware, seperti ad aware. Tapi kadang spyware terbaru tidak terdeteksi, makanya harus sering di update. Jika cara ini belum memuaskan, coba dengan tools berikut, yang pertama CWShredder dilanjutkan dengan HijackThis. Bisa di download di situs ini http://www.spywareinfo.com/~merijn/downloads.html. Ada beberapa tools lain disana, mungkin bisa kamu coba juga.
  7. Dalam menggunakan HijackThis harus diperhatikan betul-betul sebelum menghapus apa-apa yang terdeteksi, Untuk mencegah Spyware tidak balik lagi, rajin-rajinlah mengupadate database anti-virus dan anti-spyware dari OS yg anda gunakan, lalu berhati-hati ketika browsing, Hati-hati ketika meggunakan software gratis (contoh: kazaa), Pasang anti virus dan update terus. Atau beralih ke OS lain?
  8. Apabila saat browsing, keluar pop-up window, jangan klik ke windows tersebut tapi langsung tutup windows tersebut.

Walaupun tips di atas tidak bisa menjamin 100% bebas dari spyware, namun setidaknya kita bisa mengurangi ancaman dari spyware tersebut

Sumber : IlmuKomputer.com

 

Hacker VS Cracker

 

Teman-teman pernah mendengar istilah seperti judul di atas ? Istilah tersebut sering digunakan pada sistem jaringan berbasis internet. Dalam dunia maya (internet), masalah keamanan adalah satu hal yang sangat diperlukan. Karena tanpa keamanan bisa saja data-data dan sistem yang ada di internet bisa dicuri oleh orang lain. Seringkali sebuah sistem jaringan berbasis internet memiliki kelemahan atau sering disebut juga lubang keamanan (hole). Nah, kalau lubang tersebut tidak ditutup, pencuri bisa masuk dari lubang itu. Pencurian data dan sistem dari internet saat ini sudah sering terjadi. Kasus ini masuk dalam kasus kejahatan komputer. Istilah dalam bahasa Inggrisnya : Cybercrime.

Hacker dan cracker dianggap sebagai orang yang paling bertanggungjawab dalam kejahatan komputer tersebut. Padahal kalau kita melihat apa sebenarnya istilah dan apa saja yang dilakukan oleh hacker maka anggapan tersebut tidak selalu benar.

Hacker adalah sebutan untuk mereka yang menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Hasil pekerjaan mereka biasanya dipublikasikan secara luas dengan harapan sistem atau software yang didapati memiliki kelemahan dalam hal keamanan dapat disempurnakan di masa yang akan datang. Sedangkan cracker memanfaatkan kelemahan-kelamahan pada sebuah sistem atau software untuk melakukan tindak kejahatan.

Dalam masyarakat hacker, dikenal hirarki atau tingkatan. Hacker menduduki tempat kedua dalam tingkatan tersebut dan cracker berada pada tingkat ketiga. Selain itu masih ada beberapa tingkatan lain seperti lamer (wanna be) . Berbeda dengan hacker dan craker yang mencari dan menemukan sendiri kelemahan sebuah sistem, seorang lamer menggunakan hasil temuan itu untuk melakukan tindak kejahatan. Seorang lamer biasanya hanya memiliki pengetahuan yang sedikit mengenai komputer terutama mengenai sistem keamanan dan pemrograman. Dalam komunitas hacker, lamer merupakan sebutan yang bisa dibilang memalukan.

Seorang hacker memiliki tujuan yaitu untuk menyempurnakan sebuah sistem sedangkan seorang cracker lebih bersifat destruktif. Umumnya cracker melakukan cracking untuk menggunakan sumber daya di sebuah sistem untuk kepentingan sendiri.

Bagaimana cara cracker merusak ?

Seorang cracker dapat melakukan penetrasi ke dalam sistem dan melakukan pengrusakan. Ada banyak cara yang biasanya digunakan untuk melakukan penetrasi antara lain : IP Spoofing (Pemalsuan alamat IP), FTP Attack dll.

Pada umumnya, cara-cara tersebut bertujuan untuk membuat server dalam sebuah sistem menjadi sangat sibuk dan bekerja di atas batas kemampuannya sehingga sistem akan menjadi lemah dan mudah dicrack.

Menjadi hacker adalah sebuah kebaikan tetapi menjadi seorang cracker adalah sebuah kejahatan.

 

Perkembangan Mikroprosesor

Setiap komputer yang kita gunakan didalamnya pasti terdapat mikroprosesor. Mikroprosesor, dikenal juga dengan sebutan Central Processing Unit (CPU) artinya unit pengolahan pusat. CPU adalah pusat dari proses perhitungan dan pengolahan data yang terbuat dari sebuah lempengan yang disebut "chip". Chip sering disebut juga dengan "Integrated Circuit (IC)", bentuknya kecil, terbuat dari lempengan silikon dan bisa terdiri dari 10 juta transistor.

Mikroprosesor pertama adalah intel 4004 yang dikenalkan tahun 1971, tetapi kegunaan mikroprosesor ini masih sangat terbatas, hanya dapat digunakan untuk operasi penambahan dan pengurangan. Mikroprosesor pertama yang digunakan untuk komputer di rumah adalah intel 8080, merupakan komputer 8 bit dalam satu chip yang diperkenalkan pada tahun 1974. Tahun 1979 diperkenalkan mikroprosesor baru yaitu 8088.

Mikroprosesor 8088 mengalami perkembangan menjadi 80286, berkembang lagi menjadi 80486, kemudian menjadi Pentium, dari Pentium I sampai dengan sekarang, Pentium IV. Untuk lebih lengkapnya, bisa melihat gambar dan tabel di bawah ini :


Perbandingan besar processor

Nama Prosesor

Tahun Keluar

Jumlah Transistor

Micron

Clock speed

Data width

MIPS

8080

1974

6000

6

2 MHz

8

0,64

8088

1979

29.000

3

5 MHz

16 bits, 8 bit bus

0,33

80286

1982

134.000

1,5

6 MHz

16 bits

1

80386

1985

275.000

1,5

16 MHz

32 bits

5

80486

1989

1.200.000

1

25 MHz

32 bits

20

Pentium

1993

3.100.000

0,8

60 MHz

32 bits, 64 bit

100

Pentium II

1997

7.500.000

0,35

233 MHz

32 bits, 64 bit bus

400

Pentium III

1999

9.500.000

0,25

450 MHz

32 bits, 64 bit bus

1.000

Sumber : www.intel.com

Keterangan Tabel :

  1. Transistor berbentuk seperti tabung yang sangat kecil, terdapat pada Chip.
  2. Micron adalah ukuran dalam Micron (10 pangkat -6), merupakan kabel terkecil dalam Chip
  3. Clock Speed = kecepatan maksimal sebuah prosesor
  4. Data width = lebar dari Arithmatic Logic Unit (ALU) / Unit pengelola aritmatika, untuk proses pengurangan, pembagian, perkalian dan sebagainya.
  5. MIPS = Millions of Instructions Per Second / Jutaan perintah per detik.

 

Mengenal RAM Komputer PDF Print E-mail

Pengertian RAM

Kata “memory” digunakan untuk menggambarkan suatu sirkuit elektronik yang mampu untuk menampung data dan juga instruksi program. Memory dapat dibayangkan sebagai suatu ruang kerja bagi komputer dan memory juga menentukan terhadap ukuran dan jumlah program yang bisa juga jumlah data yang bisa diproses. Memory terkadang disebut sebagai primary storage, primary memory, main storage, main memory, internal storage. Ada beberapa macam tipe dari memory komputer, yaitu:

 

 

  1. random access memory (RAM)
  2. read only memory (ROM)
  3. CMOS memory
  4. virtual memory

 ImageMemori berfungsi menyimpan sistim aplikasi, sistem pengendalian, dan data yang sedang beroperasi atau diolah. Semakin besar kapasitas memori akan meningkatkan kemapuan komputer tersebut. Memori diukur dengan KB atau MB. Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile. Artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebut mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen.

Karena RAM bersifat temporer dan volatile, maka orang menciptakan suatu media penyimpanan lain yang sifatnya permanen. Ini biasanya disebut sebagai secondary storage. Secondary storage bersifat tahan lama dan juga tidak volatile, ini berarti semua data atau program yang tersimpan di dalamnya bisa tetap ada walaupun daya atau listrik dimatikan. Beberapa contoh dari secondary storage ini misalnya adalah magnetic tape, hardisk, magnetic disk dan juga optical disk.

Jenis-jenis RAM

Berdasarkan cara kerja:

  1.  
    1. Fast Page Mode DRAM (FPM DRAM)
    2. Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)
    3. Synchronous DRAM (SDRAM)
    4. Rambus DRAM (RDRAM)
    5. Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)
    6. Untuk video :
      1. Video RAM (VRAM)
      2. Windows RAM (WRAM)
      3. Synchronous Graphic RAM (SGRAM)
  2. Dynamic RAM (DRAM)
  3. Static RAM (SRAM)
  4.  

Berdasarkan Module:

 

  1. Single Inline Memory Module (SIMM)
  2. Double Inline Memory Module (DIMM)
  3. RIMM (Rambus)
  4. Mempunyai kapasitas 30 atau 72 pin. Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286 sehingga 80486 dan beroperasi pada 16 bit. Memory 72 pin banyak digunakan untuk PC berasaskan Pentium dan beroperasi pada 32 bit. Kecepatan dirujuk mengikuti istilah ns (nano second) seperti 80ns, 70ns, 60ns dan sebagainya. Semakin kecil nilainya maka kecepatan lebih tinggi. DRAM (dynamic RAM) dan EDO RAM (extended data-out RAM) menggunakan SIMM. DRAM menyimpan bit di dalam suatu sel penyimpanan (storage sell) sebagai suatu nilai elektrik (electrical charge) yang harus di-refesh beratus-ratus kali setiap saat untuk menetapkan (retain) data. EDO RAM sejenis DRAM lebih cepat, EDO memakan waktu dalam output data, dimana ia memakan waktu di antara CPU dan RAM. Memori jenis ini tidak lagi digunakan pada komputer akhir-akhir ini .

     

    Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Menyokong 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO. SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. dan terdapat dalam dua kecepatan iaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133).

     

    Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah sejenis SDRAM yang dibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yang berkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi mempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenali sebagai PC800 yang kerkelajuan 400MHz. Beroperasi dalam bentuk 16 bit bukan 64 bit. Pada saat ini terdapat DRDRAM berkecepatan 1066MHz yang dikenal dengan RIMM (Rambus inline memory module). DRDRAM model RIMM 4200 32-bit menghantar 4.2gb setiap saat pada kecepatan 1066MHZ.

     

     

Berdasarkan jumlah pin: 30 pin, 72 pin, 168 pin. Berdasarkan kecepatannya (nanosecond)

Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :

 

  1. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory)
  2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory)
  3. BEDO RAM (Burst EDO RAM)
  4. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
  5. RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)
  6. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
  7. Adalah RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.

     

    RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz

     

    RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.

     

    RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.

     

    RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

     

    RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

     

     

     

     

     

RAM terdiri dari sekumpulan chip. Chip-chip ini mampu untuk menampung:

  1. data untuk diproses;
  2. instruksi atau program, untuk memproses data;
  3. data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device;
  4. instruksi sistem operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari sistem komputer

Semua data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory, khususnya di RAM yang merupakan memori yang dapat di akses, artinya dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer.

 

sumber: e-smartschool.co.id

 

 

CPU (Central Processing Unit) PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Perangkat Keras

Central Processing Unit jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Pusat. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Nah untuk mengetahui perangkat keras apa saja yang biasanya terdapat pada CPU, silahkan baca artikel ini selanjutnya.

Apa saja isi CPU ?

Harddisk

Image Gambar disamping disebut dengan Harddisk drive (HDD). Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. ImageKemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB. Satu GB sama dengan 1000 Megabyte, sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte. Sangat besar kan ? Kita bisa menyimpan semua data kita pada hardisk ini.

Floppy Disk Drive

Image Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 Kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte.

Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.

CD-ROM drive

Image Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD). ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis).

Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.

Prosesor Image

Nah, inilah Brain (otaknya) komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz).

Image Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin. Saat ini prosesor yang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.

Memori

Image Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Jika komputer di matikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.

Kartu Grafis (VGA Card)

Image Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.

Kartu Suara (Soundcard)

Image Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar) bahkan suara 3 dimensi, sehingga kita seolah-olah berada ditempat kejadian. Tetapi perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan soundcard yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke soundcard. game

Motherboard

Image Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik.

Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

 

sumber: e- smratschool.co.id

 

Pilih Netbook atau Notebook ?

 

Netbook adalah komputer jenis notebook yang lebih murah dibandingkan dengan notebook biasa. Menurut Wikipedia, netbook adalah notebook berukuran kecil sampai dengan medium, ringan, hemat energi, berharga relatif murah, dan ditonjolkan untuk kemudahan mengakses Internet seperti browsing dan e-mailing.

Pada umumnya, netbook menggunakan prosesor dengan daya rendah seperti prosesor Intel Atom. Asus menjadi produsen pertama yang meraih sukses di pasar netbook, tercatat memiliki penjualan tertinggi pada awal 2008 melalui Amazon.com. Produk yang dikeluarkannya berbasiskan sistem operasi Xandros Linux OS, Asus Eee PC 4G, berlayar 7 inch dengan harga $200 pada saat itu.

Bisa dikatakan, netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet. Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah web, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer berspesifikasi tinggi. Netbook biasanya menggunakan Windows XP ataupun Linux sebagai basis sistem operasi daripada sistem operasi yang memakan sumber daya komputer yang lebih besar seperti Windows Vista. Ukuran perangkat ini berkisar 4.8 inci hingga lebih dari 13 inci, umumnya memiliki berat antara 2 hingga 3 pond (~1 kg) dan biasanya lebih murah dari pada laptop biasa

Sejarah

Asal mula netbook dapat ditelusuri dari produk jajaran netbook milik Psion — perusahaan pembuat hardware yang berasal dari London yang saat ini sudah tidak lagi dilanjutkan, Proyek satu laptop untuk tiap anak (OLPC), dan Palm Foleo. Ketiganya merupakan perangkat komputer yang berukuran kecil, ringan, dan mampu digunakan untuk mengakses jaringan. Kehadiran netbook mulai dikenal luas pada saat Asus mulai memperkenalkan jajaran produk ASUS Eee PC untuk mengisi kekosongan pasar

Apakah netbook ada CD/DVD ROM nya ?

Selama ini konsep netbook, laptop mini dengan harga terjangkau, hadir tanpa CD-Room demi keringkasan. Namun, untuk pertama kalinya, ada netbook yang dilengkapi pembaca cakram digital yang dirilis ke pasaran yakni Asus Eee PC 1004DN. Netbook ini pertama kali dipamerkan dalam CES (Consumer Electronics Show) 2009 pada Januari silam di AS. Kualitasnya tak kalah dengan notebook standar dan tetap ergonomis meski dengan ukuran mini.

Tidak hanya CD-Room, netbook baru ini juga dilengkapi pemindai sidik jari. Proses komputasinya didukung dengan Intel Atom N280 1,66 GHz dan chipset Intel GN40 serta kartu grafis X4500M. Dengan kartu grafis ini, ia sanggup menjalankan langsung film standar 720p HD video dan 1080p HD video dengan mengatur bagian-bagian setting tertentu.

Kehadiran CD-Room tak mengorbankan penampilannya. Berat total hanya sekitar 1,6 kilogram. Ukuran layarnya 10,2 inci dengan resolusi 1024 x 600 piksel. Memori bawannya RAM 1 GB. Untuk koneksinya tersedia WiFi standar IEEE 802.11b/g/n, Bluetooth 2.1, dan slot ExpressCard 34. Baterainya 6 sel mampu bekerja hingga 5,5 jam. Sayangnya produk ini sementara baru dijual di taiwan dan belum ada kabar kapan akan dilempar ke negara lain. Di Taiwan, harga jualnya sekitar 608 dollar AS Netbook memiliki tiga kelemahan yaitu kinerja, ukuran layar dan keyboard yang tidak memungkinkan pengguna untuk mengetik dengan nyaman.

Kinerja Rendah

Netbook pada umumnya menggunakan Intel Celeron, Atom atau VIA Nano sebagai CPU yang memiliki arsitektur x86 tetapi tetap hemat daya. Sebagian besar netbook hanya memiliki memori 1GB dan ada beberapa yang hanya menemas 256MB.

Walaupun pada awalnya sebagian besar netbook mengoperasikan Linux, kini sudah banyak yang mengoperasikan Windows XP atau Vista. Apabila Anda menggunakan sebuah aplikasi email sekaligus membuka browser dengan beberapa tab saja netbook sudah mulai berkinerja lambat. Sedangkan banyak pengguna tidak terbiasa menggunakan Linux.

Menggunakan netbook bukanlah pengalaman penggunaan yang disukai setiap orang. Intel Atom jelas tidak bisa menyaingi kinerja laptop dengan Core 2 Duo dan apabila disuruh memilih, sebagian besar pengguna akan memilih laptop biasa karena netbook berkinerja sangat lambat.

Ukuran Layar

Kebanyakan netbook berukuran 7 hingga 10 inci (kecuali Dell yang bersikeras menyebut Inspiron 12 sebagai netbook). Hal terburuk dari layar netbook adalah resolusi vertikalnya yang hanya 600 pixel. Walaupun Anda tidak memiliki toolbar atau plugin browser yang banyak memakan ruang vertikal, tetap saja layarnya terlalu kecil.

Kamu harus selalu melakukan scroll ke bawah di netbook — contohnya Anda harus melakukan scroll hanya untuk melihat judul artikel pertama di NYTimes. Tidak seperti di iPhone di mana Anda hanya perlu menggerakkan layar dengan jari, pengguna yang tidak memiliki tetikus harus menggunakan keyboard atau trackpad untuk melakukan scroll. Sangat mengganggu dan setelah beberapa lama Anda akan berhenti menggunakan netbook Anda.

Keyboard

Kemudian ada lagi keyboard yang berukuran mini — sebagian besar hanya 80% ukuran normal. Kebanyakan pengguna dewasa tidak dapat mengetik dengan cepat tanpa melakukan kesalahan ketik. Mengetik di laptop jenis ini tidak jauh lebih baik dari keyboard kecil seperti BlackBerry dari segi kecepatan dan akurasi. Bertemunya Laptop dan Mobile Memang ada jurang pemisah yang cukup lebar di antara alat portabel seperti iPhone dan laptop biasa akan tetapi laptop berukuran mini seperti netbook bukanlah jawaban yang tepat untuk semua orang. Sebagian besar netbook tidak jauh lebih murah dibandingkan laptop segmen bawah yang memiliki layar jauh lebih besar dan keyboard berukuran penuh.

Masalahnya netbook berusaha untuk menargetkan dua pasar sekaligus: negara berkembang di mana harga menjadi faktor utama dan negara maju di mana pengguna menginginkan komputer kedua. Negara berkembang tidak peduli tentang ukuran, mereka hanya mementingkan harga murah jadi apabila mereka ditawarkan sesuatu yang lebih besar dan lebih nyaman dipakai dengan harga yang sama (ingat, semakin besar ukuran komponen komputer semakin murah harganya, kecuali untuk layar), kemungkinan besar mereka akan memilih laptop dibandingkan netbook.

Negara maju tidak begitu mementingkan harga, dan netbook terlalu minim fitur. Mungkin itu adalah salah satu alasan mengapa ukuran netbook mulai membengkak menjadi 10 dan 11 inci yang tidak jauh berbeda dari laptop — dengan harga yang hampir sama.

Jadi apa jawabannya? Apabila Anda menginginkan sebuah alat berukuran kecil yang hanya membutuhkan sebuah browser (tujuan netbook pada awalnya), sebuah alat dengan spesifikasi perangkat keras sekelas ponsel sudah cukup. Berikan pengguna layar berukuran besar untuk mendapatkan pengalaman pemakaian internet yang baik, tidak peduli apakah menggunakan layar sentuh atau keyboard sebagai metode input. Apabila dijual dengan harga murah — alat itu akan diinginkan semua orang

Sumber :
- wikipedia
- tekno.kompas.com

 

Mengenal CD-ROM dan DVD-ROM

 

CD (Compact Disc) dan DVD (Digital Video Disc) saat ini sudah umum digunakan di seluruh dunia karena merupakan perlengkapan standar yang dapat diandalkan. CD dapat dengan mudah dibawa dan bahkan bisa untuk menyimpan data. Secara umum, pengertian CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte). Jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB). CD ROM dapat diakses dan dibaca di layar, atau dicetak dari komputer manapun yang memiliki CD-ROM player. CD dapat menyimpan informasi dalam berbagai bentuk, seperti: teks, gambar, presentasi, slide, audio dan video. Lalu bagaimana CD-ROM tersebut dibuat ? Untuk mengetahuinya, silahkan baca terus artikel ini...

Sejarah CD-ROM

Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang.

Bahan pembuat CD-ROM

CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk.

Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknya yang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa kemana-mana.

Tipe-tipe piringan CD

Piringan CD yang sering kita lihat di pasaran terbagi menjadi tiga yaitu CD-ROM, CD-R dan CD-RW. Masing-masing mempunyai karakteristik sendiri.

CD-ROM

Biasanya piringan CD-ROM berwarna perak. Proses pembuatannya adalah dengan cara menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari oleh sinar laser. Sinar laser itu akan membentuk semacam pit (lubang) berukuran mikro, yang sangat kecil sekali. Lubang-lubang itu akan membentuk deretan kode yang isinya berupa data. Sekali tercipta lubang, maka tidak bisa ditutup lagi. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul. Semua itu prosesnya dilakukan secara bertahap dalam suatu mesin cetakan. Alat cetakan CD-ROM bentuknya mirip cetakan kue martabak manis dan analogi pembuatannya juga mirip seperti itu.

Sesuai dengan namanya ROM (Read Only Memory), data di dalam CD-ROM tidak bisa dihapus sehingga CD-ROM tidak bisa dihapus atau direkam pada alat CD Writer yang biasa kita miliki.

Kualitas CD-ROM ditentukan oleh ketiga lapisan seperti pada gambar. Lapisan pemantul harus mampu memantulkan cahaya yang dipancarkan oleh sinar laser dengan sempurna sehingga informasi yang ada dilapisan data dapat terbaca dengan baik. Sementara lapisan pelindung harus kuat agar lapisan data tidak rusak karena tergores atau kotor.

CD-ROM original umumnya lebih awet daripada CD-ROM bajakan. Karena kualitas lapisan-lapisan pada CD-ROM original sangat kuat dan berkualitas di bawah standar mutu yang dapat diandalkan. Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan ada pula CD-ROM bajakan yang berkualias, namun harganya tidaklah murah.

CD-R

Singkatan dari Compact Disc Recordable. Piringan ini umumnya berwarna hijau, tetapi ada yang berwarna biru, merah dan hitam. Proses pembuatannya hampir sama dengan CD-ROM, yaitu dengan cara menaruh selembar lapisan dan plastik. Perbedaannya plastik itu belum disinari oleh laser. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul. Lalu kapan lembaran plastik itu akan disinari laser? Jawabannya nanti pada saat kita hendak merekamnya. Itulah sebabnya C-R disebut juga dengan CD-Blank karena isinya masih kosong.

Menentukan kualitas CD-R juga sama dengan kualitas CD-ROM. Tapi ada yang harus jadi perhatian ekstra, yaitu karena proses rekaman dilakukan setelah CD tercetak dan ada begitu banyak CD-R yang dijual dipasaran, maka kualitas lembaran di dalam CD-R itu harus cocok dengan CD Writernya.

CD-RW

CD-RW yang merupakan singkatan dari Compact Disc Rewritable adalah sebuah jenis CD yang dapat kita isi sendiri, kemudian isinya dapat kita hapus jika diinginkan. Harga CD-RW biasanya lebih mahal daripada CD-R.

 

GOLONGAN KOMPUTER

 

Pada artikel sebelumnya saya telah mengkupas tuntas bahasan mengenai sejarah komputer, pada artikel ini saya akan menjelaskan masih menyangkut tentang komputer akan tetapi lebih spesifik lg. Yaitu mengenai penggolongan komputer, loh..loh.. kok komputer punya golongan sih dah kaya PNS (Pegawai Negeri Sipil) aja. Eits…. justru itu kita mesti tahu dan bahkan harus karena pada umumnya yang kita ketahui komputer itu bentuknya seperti personal computer (PC) dan laptop, jika hanya itu saja yang kita ketahui maka kita belum memahami akan kegunaan dari komputer itu sendiri. komputer itu banyak macamnya seperti alat pengukur denyut jantung yang ada dirumah sakit, proses pengontrolan pada pabrik kimia dan sebagainya yang nanti akan saya jelaskan lebih lanjutnya. Tuh kan pasti bingung apa hubunganya alat pengukur denyut jantung sama komputer? bukannya itu adalah suatu alat yang memang diciptakan untuk mengukur denyut jantung manusia? nah kalau ingin tahu jawabannya kita lanjut aja ke penjelasan berikutnya.
Komputer di golongkan menjadi 5 berdasarkan dengan keperluannya, yang pertama komputer yang digolongkan berdasarkan data yang diolah, yang kedua komputer digolongkan berdasarkan penggunaanya, ketiga komputer digolongkan berdasarkan ukurannya, keempat komputer digolongkan berdasarkan instalasi, dan yang terakhir komputer digolongkan berdasarkan generasinya. kelima golongan komputer tersebut akan saya jelaskan lebih dalamnya lagi satu-persatu.

 

Golongan Komputer Berdasarkan data yang di olah

Pada golongan komputer ini terbagi lagi menjadi 3 bagian

1. Komputer analog
Jenis komputer ini digunakan untuk data yang sifatnya kontinu (datar atau statis) dan bukan berbentuk angka, huruf, maupun simbol-simbol khusus; Melainkan dalam bentuk fisik contohnya data mengenai arus listrik, data mengenai suhu, kecepatan,tekanan dan sebagainya. Hasil keluaran atau outputnya adalah pengaturan atau pengontrolan suatu mesin, hasilnya juga sangatlah valid. Dan nantinya akan digunakan untuk proses pengontrolan pada pabrik kimia, penyulingan minyak, rumah sakit untuk mengukur denyut jantung, dan sebagainya

2. Komputer digital
Jenis komputer ini sangat berkebalikan dengan jenis komputer analog karena jenis komputer ini bisa menerima data dalam bentuk angka, huruf, ataupun simbol-simbol khusus dalam mengoperasikannya untuk prosesnya sangat cepat. Biasanya komputer ini terdapat di laboratorium komputer, perkantoran, tempat bisnis (seperti BEJ) dan lain-lain.

3. Komputer Hibrid
Jenis komputer ini sangatlah luar biasa lebih hebat dari komputer analog maupun komputer digital bisa dibilang jenis komputer ini merupakan kombinasi dari kedua jenis komputer yang sebelumnya dijelaskan. Karena mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dibanding komputer analog. contoh real dari komputer hibrid adalah robot di pabrik pembuatan mobil dan lain-lain.

Golongan komputer berdasarkan penggunaanya

Pada golongan komputer, jenis komputer terbagi menjadi dua

1. Komputer Khusus (Special-purpose computer)
Komputer khusus ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang sangat khusus, yang biasanya tugasnya hanya menyelesaikan satu masalah. Program yang dibuat pun program khusus dan sudah tersimpan didalam komputernya, umumnya berupa komputer analog, walaupun terkadang ada yang berupa komputer digital. Contoh untuk komputer ini antara lain komputer yang dipasang pada cockpit pesawat terbang, dan pada penyulingan minyak.

2. Komputer Umum (General-purpose computer)
Komputer jenis ini dirancang untuk menyelesaikan bergabagai macam masalah dan dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk setiap masalah yang berbeda. Komputer generasi sekarang umumnya dirancang sebagai komputer umum, misalnya komputer digital yang dapat menyelesaikan bermacam-macam masalah.

Golongan komputer berdasarkan ukurannya

Komputer tuh ada ukurannya juga loh, gak mesti kecil dan mungil. karena biasanya kita sering melihat ada komputer yang khusus ditempatkan dalam satu ruangan besar. Biasanya sih kalau ditempatkan dalam satu ruangan besar seperti itu komputer tersebut adalah komputer server yang merupakan pusat dari penyimpanan data dari berbagai sumber. dibawah ini adalah jenis komputer yang berdasarkan ukurannya dari segi bentuk maupun kemampuan dari komputer itu sendiri

1. Komputer Mikro (micro computer)
Dari kata mikro kita sudah bisa membanyangkan bahwa komputer ini sangatlah besar dan biasanya komputer jenis ini berbentuk analog.

2. Komputer Mini (mini computer)
Nah kalau ini kebalikan dari mikro yaitu komputer yang sangatlah kecil bahkan bisa sebesar dompet kita ukurannya.

3. Mainframe
Mainframe ini biasanya adalah komputer inti

4. Komputer Super (super computer)
Ukuran dari komputer ditunjukkan oleh kemampuannya dalam mengolah data data, yang ditentukan oleh
- Kapasitas memori utama (main memory)
- Konfigurasi register : banyaknya digit biner (0 atau 1) atau bit (binary digit) yang dapat ditampung dalam sebuah register misalnya 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit.
- Kecepatan mengolah
- Jumlah dan macam alat-alat input/output
- Ukuran fisik kompter dan ruangan yang dibutuhkan

Golongan komputer berdasarkan instalasi

1. Komputer pribadi (Personal computer)
Komputer jenis ini biasanya digunakan untuk sendiri dan tidak terhubung dengan komputer-komputer lainnya.

2. Komputer jaringan (Network computer)
Komputer jenis ini tersambung ke komputer lain melalui media komunikasi tertentu seperti switch, hub, dan lainnya. yang dalam pengoperasiannya diatur oleh satu atau beberapa komputer server

 

Sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa ?

Sejarah perkembangan komputer selalu saja manusia menemukan sesuatu yang baru dan lebih baik, begitu juga dengan penemuan teknologi komputer. Kemajuan-kemajuan yang dicapai manusia telah mengubah bentuk dan efisiensi kerja dari komputer-komputer tersebut, sehingga kita dapat membagi perkembangan teknologi komputer dalam beberapa generasi sebagai berikut :

Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

Komputer generasi pertama lazimnya digunakan khususnya untuk tujuan saintifik. Oleh kerana ukurannya yang amat besar, ketidaktepatan pemprosesan data dan harganya yang tinggi, ramai yang menganggap bahawa komputer akan kekal sebagai suatu alat yang digunakan untuk tujuan yang saintifik saja, bukan untuk kegunaan umum.
Komputer-komputer generasi pertama menggunakan tiub-tiub vakum untuk memproses dan menyimpan maklumat. Tiub vakum berukuran seperti mentol lampu kecil. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar. Beribu-ribu tiub vakum diperlukan pada satu masa supaya setiap yang terbakar tidak menjejaskan operasi keseluruhan komputer. Komputer juga menggunakan tenaga elektrik yang banyak sehingga kadang-kadang menyebabkan gangguan pada kawasan sekelilingnya.

Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
<!--[if !supportLists]-->Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
<!--[if !supportLists]-->Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
<!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
<!--[if !supportLists]-->Cepat panas.
<!--[if !supportLists]-->Proses kurang cepat.
<!--[if !supportLists]-->Kapasitas penyimpanan kecil.
<!--[if !supportLists]-->Memerlukan dya listrik yang besar.
<!--[if !supportLists]-->Orientasi pada aplikasi bisnis.

Yang termasuk komputer generasi pertama antara lain :

<!--[if !supportLists]-->UNIVAC II (pabrik pembuatnya Sperry Rand – Univac)
<!--[if !supportLists]-->Datamatic 1000 (pabrik pembuatnya Honeywell)
<!--[if !supportLists]-->Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (pabrik pembuatnya International Business Machine)
<!--[if !supportLists]-->CRC, NCR 102A, NCR 102D (pabrik pembuatnya National Cash Register)
<!--[if !supportLists]-->BIZMAC I, BIZMAC II (pabrik pembuatnya RCA)

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)

Generasi kedua komputer menggunakan komponen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnetik untuk memori. Daya ketahanan transistor didapati lebih baik kerana ia tidak mudah terbakar jika dibandingkan dengan tiub vakum. Channel data muncul di generasi ini, sejalan dengan fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan CPU. Cara baru menyimpan ingatan juga diperkenalkan yaitu teras magnetik. Teras magnetik menggunakan besi-besi halus yang dililit oleh litaran elektrik. Keupayaan pemprosesan dan ingatan utama komputer juga bertambah. Ini menjadi komputer lebih pantas menjalankan tugasnya. Komputer pada awalnya digunakan sistem komersial on-line yang melibatkan komunikasi dan untuk sistem pembagian waktu, dimana pengguna diberikan kemampuan hitungan yang menarik melalui terminal.

Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

<!--[if !supportLists]-->Sirkutinya berupa transistor.
<!--[if !supportLists]-->Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
<!--[if !supportLists]-->Kapasitas memori utama sudah cukup besar.
<!--[if !supportLists]-->Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
<!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Proses operasi sudah cepat.
<!--[if !supportLists]-->Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
<!--[if !supportLists]-->
Berorientasi pada bisnis dan teknik.

Komputer generasi kedua diantaranya adalah :

<!--[if !supportLists]-->UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 9pabrik pembuatnya Sperry Rand-UNIVAC)
<!--[if !supportLists]-->Burrouhgs 200 (pabrik pembuatnya Burroughs)
<!--[if !supportLists]-->IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600
<!--[if !supportLists]--> <!--[endif]-->NCR 300 (pabrik pembuatnya National Cash Register)
<!--[if !supportLists]-->Honeywell 400, Honeywell 800
<!--[if !supportLists]-->CDC 1604, CDC 160A (pabrik pembuatnya Control Data Corporation)
<!--[if !supportLists]-->GE 635, GE 645, GE 200 (pabrik pembuatnya General Electric)

Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

Generasi ketiga perangkat keras komputer dikarakteristikan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk pusat prosesing unit. Intergrated Circuit (lebih dikenali sebagai IC) merupakan satu rangkaian litar elektronik lengkap dalam satu cip silikon yang kecil. Ia mula digunakan pada tahun 1965. Satu IC mampu menggantikan satu papan litar yang penuh dipasang dengan transistor-transistor, di mana IC tersebut lebih kecil bentuknya daripada transistor tersebut. Banyak fitur CPU untuk meningkatkan pekerjaan ditambahkan dalam generasi ini. Mesin generasi ke tiga membuatnya lebih mudah untuk meningkatkan aplikasi on-line yang membutuhkan kemampuan telekomunikasi.

Jenis terkecil dalam famili komputer, yaitu mikrokomputer muncul dalam generasi ini. Mikrokomputer menjadi lebih cepat popular seperti jenama Apple II, IBM PC, NEC PC dan Sinclair. Mikrokomputer didapati amat praktikal kepada semua peringkat masyarakat kerana bentuknya lebih kecil, harga yang murah dan kemampuannya yang cukup hebat. Sebuah mikrokomputer berupaya mengatasi komputer ENIAC dalam menjalankan sesuatu tugas. Banyak bahasa pemrograman muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Kebanyakan mikrokomputer dibekalkan dengan bahasa secara bina-dalam di dalam cip ROM untuk membolehkan bahasa BASIC digunakan. Ini menjadikan BASIC bahasa pemrograman yang paling popular pada mikrokomputer.

Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

<!--[if !supportLists]-->Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).
<!--[if !supportLists]-->Peningkatan dari softwarenya.
<!--[if !supportLists]-->Pemrosesan lebh cepat.
<!--[if !supportLists]--> <!--[endif]-->Kapasitas memori lebih besar.
<!--[if !supportLists]-->Penggunaan listrik lebih hemat.
<!--[if !supportLists]-->Bentuk fisik lebih kecil.
<!--[if !supportLists]-->Harga semakin murah.

Komputer generasi ketiga diantaranya adalah :

<!--[if !supportLists]-->UNIVAC 1109, UNIVAC 9000
<!--[if !supportLists]-->Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700
<!--[if !supportLists]-->GE 600, GE 235
<!--[if !supportLists]-->CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000
<!--[if !supportLists]-->PDP-8, PDP-11 (pabrik pembuatnya Digital Equipment Corporation)

Komputer Generasi keempat (1970 – 1990)

Generasi komputer ke empat dikarakteristikan dengan memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil, dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Karena setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.

Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.

Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
<!--[if !supportLists]-->§ <!--[endif]-->Menggunakan Large Scale Integration (LSI).
<!--[if !supportLists]-->§ <!--[endif]-->Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

Komputer generasi keempat diantaranya adalah :

<!--[if !supportLists]-->IBM 370
<!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Apple II
<!--[if !supportLists]-->IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486
<!--[if !supportLists]-->IBM Pentium II

Komputer Generasi kelima (sejak 1990 an)

Generasi kelima dalam siri evolusi komputer mungkin belum terwujud dan ia merupakan komputer impian masa depan. Bentuk komputer generasi kelima adalah lebih kompleks yang nantinya diharapkan mempunyai lebih banyak unit pemproses yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.

Komputer generasi ini juga mempunyai ingatan yang amat besar supaya membolehkannya menyelesaikan lebih banyak masalah yang kompleks. Unit pemprosesan pusat juga mungkin boleh berfungsi kepada paras seperti otak manusia. Komputer impian ini dijangka mempunyai kepandaian tersendiri, mengesan keadaan sekeliling melalui pengelihatan dan bijak mengambil sesuatu keputusan bebas daripada kawalan manusia. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “artificial intelligence”.

Komputer generasi kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat, dsb.

 

Tips merawat flash disk

 

Teman-teman tahu yang namanya flash disk kan? Flash disk adalah salah satu alat penyimpanan data yang semakin hari semakin populer dan bisa dibilang menggeser peranan floppy disk atau yang biasa kita sebut dengan Disket. Sebenarnya flash disk dan disket memiliki fungsi yang sama, hanya saja flash disk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibanding disket. Jika sebuah disket hanya mampu menyimpan data sebesar 1,44 Mega Bytes maka sebuah flash disk saat ini mampu menyimpan data 1GB - 32 Giga Bytes, tergantung dengan berapa kapasitasnya.

Selain kualitas, mahal tidaknya flash disk juga tergantung dengan besarnya kapasitas yang tersedia, semakin besar kapasitasnya semakin mahal pula harganya. Memang sih, harga flash disk cenderung menurun dibanding dulu ketika pertama kali di luncurkan, tapi harga sebuah flash disk tidak bisa dikatakan murah lho. Nah biar flash disk kita awet, benda yang biasanya berukuran kecil dan berwarna lucu ini juga harus di rawat. Bukan cuma karena harganya yang relatif mahal tapi juga biar data-data penting yang tersimpan didalamnya lebih aman.

Nah, berikut ini ada tips bagaimana merawat dan menggunakan flash disk dengan benar, antara lain :

  1. Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat
  2. Jangan Terkena Air
  3. Virus Scan
  4. Proses Eject atau Stop
  5. Jauhkan Dari Tempat Panas
  6. Hindari Benturan Keras
  7. Tutuplah selalu
  8. Minimalisir proses hapus-tulis
  9. Barang-barang elektronik seperti tv dan handphone sangat tidak baik untuk flash disk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flash disk dan hand phone di tempat sama dalam tas. Nah mulai saat ini, kalau pingin flash disk kamu berumur panjang, jangan lagi menyimpannya di tempat sama ya?!

    Meski ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, menjauhkan flash disk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada data kamu hilang, mendingan tidak ambil resiko kan?

    Saat Pengambilan data atau pemindahan dari dari pc ke flash disk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apalagi kalau kita mengambil dan menyimpan data dari internet. Waduh flash disk kamu bisa dipenuhi virus-virus pengganggu. Makanya, jangan lupa untuk melakukan ritual scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia.

    Selalu melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk dari port usb. Selain bisa menjadikan flash disk rusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang kamu simpan di dalamnya lho.

    Semua barang elektronik tak terkecuali flash disk sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya ditempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flash disk di mobil.

    Seseorang bisa mengalami sakit bahkan bisa masuk rumah sakit jika ia terjatuh dari tempat yang tinggi. Begitu juga dengan flash disk. Jadi jagalah flash disk kamu baik-baik dari benturan keras ya.

    Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flash disk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Karenanya selalu tutup biar nggak kotor, jangan dihilangkan tutupnya!

    Sama seperti kita, flash disk juga memiliki usia lho. Artinya suatu saat flash disk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flash disk berbeda-beda, tergantung kualitas dan merk dari flash disk itu sendiri. Biasanya usia flash disk antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flash disk

 

Tips mempercepat shutdown komputer

 

Mematikan komputer adalah pekerjaan yang sangat mudah. Namun, pekerjaan penutup ini kadang cukup menjengkelkan, apalagi bila kita dikejar waktu. Tidak jarang selain membutuhkan waktu yang hampir sama dengan proses booting, kadang proses shut down tidak berjalan sebagai mana mestinya,sehingga tetap harus ditunggu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu menyimak langkah berikut agar proses mematikan komputer dapat membuat kamu lebih nyaman.

 

  1. Shortcut Shut Down
  2. Kurangi Wit Times 1
  3. Kurangi Wait Times 2
  4. Kurangi Wait Times 3
  5. Auto Kill Task
  6. Jalankan Hibernasi
  7. Matikan nVIDIA Driver Helper Service
  8. Salah satu cara yang paling cepat untuk untuk mematikan komputer adalah tanpa melalui start menu. Kamu dapat menyediakan shortcut khusus pada layar desktop bila ingin mematikan komputer dengan lebih cepat. Caranya cukup mudah. Yaitu, dengan mengklik kanan pada layar desktop, lalu pilih New, Shortcut. Setelah itu, pada layar Create Shortcut, masukkan SHUTDOWN -s -t 01 lalu tekan tombol Next. Setelah itu, masukkan nama untuk shortcut tersebut. Kamu dapat menamakan shortcut ini dengan julukan Shut down Lalu tekan tombol Finish.

    Selesai membuat menu pintas untuk mematikan komputer, kamu dapat mengatur waktu yang diperlukan untuk menutup aplikasi ke batas minimum. Artinya dengan memberikan waktu sekecil mungkin agar waktu yang dibutuhkan untuk mematikan komputer akan lebih cepat. Caranya adalah dengan menjalankan Registry editor, lalu pilih dalam HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\ pilih WaitToKillAppTimeout. Setelah itu, ubah nilainya dari 20000 menjadi 1000 agar dapat lebih cepat.

    Akses registry editor dengan cara pilih Run dalam start menu lalu ketiklah regedit, kemudian tekan Enter. Setelah itu tekan Ctrl+F kemudian cari HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop, setelah itu ubahlah nilai WaitToKillAppTimeout dari 20000 menjadi 1000. Jika merasa terlalu cepat, kamu juga dapat mengaturnya sampai kecepatan 5000 atau 10000. Waktu ini terkadang tidak terlalu diperlukan, bila kamu sudah terlebih dahulu mematikan semua aplikasi sebelum komputer dimatikan.

    Akses kembali registry editor seperti pada langkah-langkah selanjutnya, lalu carilah HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\. Setelah itu, cari WaitToKillServiceTimeout. Klik dua kali pada nama tersebut, kemudian ubah nilai value data-nya dari 20000 menjadi 1000. Jika yang sebelumnya adalah waktu maksimal untuk aplikasi dimatikan atau diselesaikan, maka langkah ini adalah menentukan untuk service yang sedang aktif.

    Salah satu yang memperlambat proses shut down adalah adanya aplikasi yang hang (tidak responsif) dan meminta input-an user untuk menentukan apakah aplikasi tetap akan ditutup atau tidak. Kamu dapat membuat komputer secara otomatis mematikan aplikasi dengan cara mengedit value data AutoEndTask menjadi 1. Opsi ini ada di dalam HKEY_USER\Control Panel\Desktop dan HKEY_USERS\Control Panel\Desktop. Dengan cara ini pula, semua aplikasi yang aktif akan dimatikan secara otomatis oleh sistem. Oleh sebab itu, kamu harus yakin bahwa aplikasi tidak lagi digunakan setiap akan mematikan komputer.

    Kamu juga dapat memilih menjalankan hibernasi. Karena kamu tidak akan dipertanyakan apakah ada aplikasi yang tidak responsif atau tidak. Opsi hibernasi terdapat dalam Power Option yang ada pada Control Panel. Namun sebelum mengaktifkan fitur ini, pastikan ruang harddisk tempat sistem operasi berada masih memiliki sekitar 300 MB. Ruang yang dibutuhkan oleh hibernasi adalah untuk menyimpan status komputer (aplikasi apa saja yang sedang dibuka) agar pada saat kembali dari hibernasi, komputer dapat langsung mengaksesnya.

    Bagi kamu yang memiliki video card dengan chipset nVIDIA terkadang pada saat komputer melakukan proses shut down terdapat sedikit delay atau jeda karena helper service yang dilakukan oleh chipset nVIDIA. Oleh sebab itu, kamu harus mematikannya dengan cara buka computer management (klik kanan pada My Computer, manage). Lalu pada daftar service cari Nvidia Driver Helper, setelah itu klik kanan dan pilih Properties. Setelah itu pada drop down box Startup Type pilih disable dan tekan tombol OK. Hal ini dapat saja berlaku untuk VGA lain yang chipset-nya memberikan service serupa.

Dari berbagai sumber

 

 

Mengenal Power Supply Unit (PSU) PDF Print E-mail

Komputer (PC) memiliki komponen yang cukup banyak. Salah satunya adalah Power Supply. Sesuai dengan namanya, Power supply unit (PSU) berfungsi untuk memasok daya ke komponen lain pada PC. Semua komponen PC (selain power supply) akan memperoleh pasokan daya dari power supply tersebut. Spesifikasi yang sering dicantumkan adalah daya maksimum total dan daya maksimum masing-masing tegangan (bisa juga arus maksimum). Nilai-nilai ini sebaiknya dicermati. Adapun tegangan yang umum disediakan oleh power supply adalah +3,3V, +5V, +12V, -5V, -12V, dan +5VSB (Standby).

Jenis Power Supply

Dahulu jenis power supply yang sering digunakan adalah model AT. Pada model ini, kita harus menekan tombol ON/OFF pada CPU jika ingin mematikan komputer. Tapi saat ini, jenis power supply yang banyak digunakan adalah ATX karena model ini memberikan kemudahan mematikan CPU tanpa harus menekan tombol ON/OFF pada CPU, cukup dengan mengklik Shutdown.

Sebaiknya komputer (PC) digunakan ditempat yang dingin/ber-AC dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini agar komputer kita tidak cepat panas. PSU juga membantu agar computer tidak cepat panas karena salah satu komponen pada PSU adalah kipas/fan. Nah, permasalahannya adalah seringkali PSU tidak dirawat dengan baik sehingga sering masuk debu dan kotoran lainnya. Bagaimana cara membersihkannya ya?

Membersihkan Kipas Power Supply

Hilangkan debu yang menempel pada kipas, atau ganti kipas bila memang diperlukan. Kipas PSU (Power Supply Unit) yang tak berputar normal dapat menyebabkan PC hang. Terlalu banyak debu yang menempel bisa menjadi penyebab kipas susah berputar. Lebih parah lagi bila kipas ternyata benar-benar mati, sehingga PSU menjadi panas sekali dan PC ngadat. Rajin-rajinlah membersihkan kipas PSU, tapi kalau memang sudah rusak ya perlu diganti kipasnya dengan yang baru.

Langkah-langkah membersihkan Power Supply Unit

Langkah 1

Image Matikan PC, lalu bersihkan kipas PSU dari luar. Gunakan kuas untuk membersihkannya melalui lubang di belakang PC. Untuk hasil terbaik, gunakan vacuum cleaner atau penyemprot udara bertekanan. Setelah bersih, coba hidupkan lagi PC Anda.

Langkah 2

Image Apabila kipas benar-benar mati, coba lepaskan kabel power dan kabel monitor dari PC. Tentu PC juga harus dimatikan. Buka case PC, lalu copot semua konektor power yang tertancap ke motherboard dan ke komponen lain. Lepaskan baut yang mengaitkan PSU dengan case PC.

Langkah 3

Image Keluarkan PSU dari dudukannya di case PC dan pastikan tanganmu sigap menahannya agar tak jatuh.

Langkah 4

Image Bongkar kotak atau case PSU. Gunakan obeng untuk membuka empat baut pengait yang ada di sisi atas case.

Langkah 5

Image Setelah terbuka, bersihkan debu yang menempel di papan sirkuit elektronik dan kipas dengan menggunakan vacuum cleaner atau penyemprot udara bertekanan.

Langkah 6

Image Kalau Anda berniat mengganti kipas tersebut, lepaskan empat baut kipas PSU dengan menggunakan obeng, lalu copot kipas dari case PSU.

Langkah 7

Image Buka pula keempat baut pengunci sirkuit elektronik, lalu keluarkan dari case. Bersihkan debu yang masih menempel bila memang ada.

Langkah 8

Image Panaskan solder, lalu lelehkan timah di sisi bawah sirkuit tersebut, tepat pada kabel power kipas. Copot kedua kabel positif dan negatif dari lubang pada sirkuit. Solder kedua kabel kipas baru ke lubang tadi. Pastikan posisi kabel tidak terbalik.

Langkah 9

Image Pasang kembali sirkuit elektronik dan kipas ke tempatnya semula. Kunci dengan menggunakan baut, lalu kencangkan.

Langkah 10

Image Tutup case PSU dan kencangkan baut kecil di keempat sudutnya. Setelah selesai, pasang PSU ke case PC dan hubungkan kembali konektor power ke motherboard dan komponen lain.

Yang perlu diperhatikan, jika kamu awam tentang elektronika, jangan sekali-kali membuka PSU adapter. Lebih baik beli kipas baru dan dan minta tolong teknisi komputer. Pilih kipas baru yang memiliki ukuran fisik sama dengan kipas lama PSU. Samakan pula tegangan (V) dan arusnya (A).

Sumber : PCPlus

 

Mempercepat Browser Mozilla Firefox

firefoxApakah anda sering dibuat naik darah oleh loading sebuah halaman internet yang lama? Kemaren-kemaren saya juga pernah mengalaminya he…he…..asli, bener-bener bikin naik darah……!!!!

Nah, mudah-mudahan kali ini saudaraku semua tidak akan naik darah lagi ketika browsing internet, kenapa? Karena kali ini ada sebuah tips tapi khusus buat pengguna browser Mozilla Firefox, yaitu bagaimana cara memodifikasi Mozilla Firefox agar lebih kenceng dalam me-load sebuah halaman web.

Setelah saya lakukan beberapa konfigurasi pada Firefox yang saya pakai, ternyata hasilnya bener-bener kerasa ada yang beda. Loading menjadi lumayan atau bahkan bisa dibilang kecepatannya naik drastis. Maklum, saya pakai paket internet yang murah jadi kecepatannya juga sangat terbatas, tapi dengan modifikasi konfigurasi pada browser, kekurangan tersebut bisa terbantu.

Sebagai tambahan saja, Firefox merupakan browser yang sifatnya open source, nah karena sifatnya yang open source tersebut jadi bisa dimodifikasi oleh siapa saja. Hal ini yang menjadi alasan utama para Hacker maupun Cracker menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser andalan mereka.

Oke, langsung saja sekarang bagaimana cara memodifikasi Mozilla Firefox tadi? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka browser Firefox anda
  2. Pada kolom address bar (kolom alamat), ketikkan “about:config” (tanda kutip jangan ditulis), lalu tekan enter
  3. Selanjutnya akan ada kotak dialog peringatan dari Firefox yang kalau diterjemahkan bebasnya peringatan untuk berhati-hati. Anda klik saja tombol “I’ll be carefull, I promise”.
  4. Setelah anda klik tombol tersebut, maka di layar akan tampil konfigurasi dari Mozilla Firefox tersebut. Nah, inilah yang akan anda rubah untuk mempercepat kinerja Firefox anda. Cara merubahnya tinggal anda klik dua kali pada bagian value masing-masing baris.

Berikut ini parameter yang harus anda rubah untuk mempercepat Firefox anda :

  • browser.tabs.ShowSingleWindowModePrefs = true
  • network.http.max-connections = 48 (nilai sebelumnya adalah 30)
  • network.http.max-connections-per-server = 16 (nilai sebelumnya adalah 15)
  • network.http.max-persistent-connections-per-proxy = 8
  • network.http.max-persistent-connections-per-server = 4 (nilai sebelumnya adalah 6)
  • network.http.pipelining = true
  • network.http.pipelining.maxrequest = 100 (sebelumnya adalah 4)
  • network.http.proxy.pipelining = true
  • network.http.request.timeout = 300

Setelah selesai mengubah konfigurasi tersebut, selanjutnya klik kanan di bagian yang kosong lalu klik “new – integer”. Nanti akan muncul kotak dialog untuk memasukkan nama integer tersebut. Isi kotak isian tersebut dengan “nglayout.initialpaint.delay” (jangan pake tanda kutip ya…..), selanjutnya setelah anda mengklik OK akan ada lagi kolom isian untuk memasukkan nilai atau value dari integer yang kita buat tadi. Isi kolom tersebut dengan angka nol.

Selesai sudah anda memodifikasi browser Firefox anda, silahkan tutup browser kemudian buka lagi. Browser akan melakukan penyesuaian terhadap perubahan yang telah kita buat, tunggu sampai selesai dan mulailah berselancar di internet dengan lebih cepat.

Selamat mencoba.

  • JoomlaWorks AJAX Header Rotator
Sejarah perkembangan Processor Intel PDF Print E-mail

1971: 4004 Microprocessor
ImagePada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.


1972: 8008 Microprocessor
Image
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.





1974: 8080 Microprocessor
ImageMenjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan.


1978: 8086-8088 Microprocessor
ImageSebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.


1982: 286 Microprocessor
ImageIntel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.


1985: Intel386™ Microprocessor
ImageIntel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004.


1989: Intel486™ DX CPU Microprocessor
ImageProcessor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.


1993: Intel® Pentium® Processor
ImageProcessor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.



1995: Intel® Pentium® Pro Processor
ImageProcessor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.



1997: Intel® Pentium® II Processor

ImageProcessor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.


1998: Intel® Pentium II Xeon® Processor

ImageProcessor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.



1999: Intel® Celeron® Processor

ImageProcessor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.


1999: Intel® Pentium® III Processor

ImageProcessor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.


1999: Intel® Pentium® III Xeon® Processor

ImageIntel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.


2000: Intel® Pentium® 4 Processor

ImageProcessor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.


2001: Intel® Xeon® Processor

ImageProcessor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.


2001: Intel® Itanium® Processor

ImageItanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

2002: Intel® Itanium® 2 Process
or
ImageItanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium.



2003: Intel® Pentium® M Processor

ImageChipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.



2004: Intel Pentium M 735/745/755 processors

ImageDilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.




2004: Intel E7520/E7320 Chipsets

Image7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.



2005: Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz

ImageSebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

2005: Intel Pentium D 820/830/840
ImageProcessor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

2006: Intel Core 2 Quad Q6600
ImageProcessor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP ).

2006: Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
ImageProcessor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).

Sumber:

"Sejarah Perkembangan Mikroprocessor"
Cyberkiosonline

Swipoa/Abacus (500 SM)-(1) PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Sejarah Perkembangan Komputer

AbacusAbacus atau Swipoa barangkali merupakan alat hitung tertua yang keefektifannya telah bertahan dari waktu ke waktu. Alat ini sampai sekarang masih digunakansebagai ilustrasi dasar penghitungan.

Mesin Hitung Pascal/Pascaline (1642)-(2) PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Sejarah Perkembangan Komputer

Pascaline, mesin hitung ciptaan Pascal, menggunakan gir (roda gigi)berporos sebagai roda hitung untuk menghitung penjumlahan. Ia menciptakan mesin ini untuk membantu ayahnya, seorang penarik pajak, menghitung penerimaan pajak. Angka-angka pada setiap posisi digit dibuat pada roda sehingga satu

putaran penuh salah satu roda menghasilkan sepersepuluh putaran roda berikutnya.

Blaise Pascal

ImageBlaise Pascal (1623-1662), seorang filsuf dan ahli matematika berkebangsaanPerancis, menemukan dan membuat mesin penjumlahan secara mekanis yang pertama.Sekarang penemuan Pascal ini dihormati dengan penamaan bahasa pemrograman komputer populer yang menggunakan namanya.

sumber:e-smartschoo.co.id

DR. John Atanasoff (1935)-(8) PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Sejarah Perkembangan Komputer

ImageSelama tahun 1935 sampai 1938, Dr. John Atanasoff, guru besar di Universitas Negeri Iowa, memulai memikirkan tentang mesin yang dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk menghitung perhitungan matematika yang rumit dan panjang. Keputusan-keputusan yang dibuatnya berkenaan dengan konsep seperti media elektronik dengan tabung-tabung hampa, sistem penomoran dengan dasar bilangan 2, memori, dan sirkuit logika memberikan arah pembuatan komputer modern.

ABC (1942)
Dr. Atasanoff dan Clifford E. Berry, salah seorang mahasiswa pasca sarjananya,merangkai prototipe ABC ( Atanasoff Berry Computer), yang pada tahun 1942 berubah manjadi model yang dapat bekerja. Namun,Negara Bagian Lowa, dunia usaha, dan mayarakat ilmiah hanya memberikansedikit perhatian terhadap ABC. Misalnya ketika Dr. Atanasoff menghubungi IBM berkenaan dengan mesin yang disebutnya sebagai "mesin hitung tepat",perusahaan ini menjawab bahwa "IBM tidak akan pernah tertarik pada mesin hitung elektronik." Pada tahun 1973 pengadilan federal secara resmi memberikan pengakuan terhadap penemuan komputer digital elektronik otomatis Atanasoff.

SUMBER:e-smartschoo.co.id

MARK I (1944)-(9) PDF Print E-mail
Teknologi Informasi - Sejarah Perkembangan Komputer

ImageKomputer elektromekanis pertama, disebut Mark I, merupakan hasil penelitian yang disponsori oleh IBM. Howard Aiken, seorang guru besar di Universitas Harvard, menyelesaikan pembuatan Mark I pada tahun 1944. Pada dasarnya komputer ini merupakan sekumpulan seri kalkulator elektromekanis dan mempunyai banyak kemiripan dengan mesin analitis buatan Babbage. (Aiken tidak mengetahui pekerjaan Babbage.) Mark I merupakan kemajuan yang berarti dalam pengertian karya, tetapi pihak manajemen IBM tetap merasa bahwa komputer elektromekanis tidak akan dapat menggantikan perlengkapan dengan kartu berlubang.

sumber: e-smaratschool.co.id

http://Devoav1997.Webnode.Com/